Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemerintah Gelar Sidang Isbat Sore ini

  • Whatsapp
Sidang isbat penentuan hari raya idul adha akan ditetapkan sore ini (29/6/2022). (Foto: Unsplash/VeranicaSmirnaya).
.

Menjelang hari raya Idul Adha, Kementerian Agama akan gelar sidang isbat sore ini (29/6/2022). Sidang rencananya akan digelar di kantor Kementerian Agama, jalan MH Thamrin, Jakarta. Seluruh masyarakat bisa menyaksikannya melalui siaran langsung TVRI atau live streaming media sosial Kementerian Agama.

Terkait pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama hari ini sudah dikonfirmasi oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib. Pihaknya akan menggelar sidang isbat pada tanggal 29 Juni tahun 2022 untuk menetapkan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah dan 1 Dzuhijah.

Baca juga ..!

“Sidang isbat merupakan layanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat terkait pelaksanaan ibadah di bulan Dzulhijah” tutur Adib (14/6/2022).

Sidang isbat menjadi salah satu bagian penting dari tugas Kementerian Agama, khususnya Ditjen Bimas Islam. Nantinya sidang akan dibagi menjaga tiga tahap. Tahap pertama dimulai pada pukul 17.00 WIB yaitu pemaparan posisi hilal. Lanjut tahap kedua setelah maghrib yaitu pemaparan data posisi hilal dan tahap terakhir pengumuman hasil sidang isbat 1 Dzulhizah.

Menjelang Hari Raya Idul Adha, ini Beberapa Amalan yang Bisa Dilakukan

Menjelang hari raya idul adha ada beberapa amalan yang bisa Anda kerjakan untuk menambah pahala. Berikut beberapa di antaranya:

1.  Puasa Dzulhijah

Puasa Dzulhijah merupakan salah satu ibadah yang biasa dilakukan oleh umat islam sebelum idul adha. Ibadah puasa di bulan Dzulhijah bisa dikerjakan dari tanggal 1 hingga 9. Salah satunya puasa arafah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijah atau satu hari sebelum hari raya idul adha tiba.