Inilah Cara Klaim BPJS Kacamata Gratis Beserta Prosedurnya

  • Whatsapp
(foto : Photo by Anna Shvets: https://www.pexels.com/photo/crop-faceless-ophthalmologist-with-measuring-eye-test-glasses-3846022/)
.

2. Periksa Lebih Lanjut Di Dokter Spesialis Mata

Langkah selanjutnya untuk klaim kacamata BPJS gratis adalah mengunjungi dokter spesialis mata yang tertera di surat rujukan. Kamu bisa langsung melakukan pemeriksaan mata menggunakan jaminan kesehatan dari BPJS. Setelah diperiksa, maka kamu akan mendapatkan resep untuk membeli kacamata.

Ingat, datangilah dokter atau poliklinik rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Faskes 1.

Baca juga ..!

3. Legalisir Resep dari Dokter Spesialis Mata

Jika kamu telah mendapatkan resep kacamata dari dokter spesialis mata, maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melegalisir resep tersebut.

Cara ini penting untuk dilakukan, supaya resep bisa segera digunakan. Untuk melegalisir nya, kamu cukup datang ke loket BPJS Kesehatan yang paling dekat. Mintalah cap legalisir dari petugas untuk meresmikan resep tersebut. 

4. Tukar Resep Di Optik Yang Bekerjasama Dengan Bpjs Kesehatan 

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menukar resep dengan kacamata di Optik yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Siapkan dokumen seperti fotokopi KTP, KTP asli, resep yang telah dilegalisir, kartu BPJS Kesehatan dan fotokopinya. 

Adapun biaya kacamata yang ditanggung oleh BPJS kesehatan adalah Rp300.000 untuk BPJS kacamata kelas 1,  200.000 untuk BPJS kacamata kelas 2 dan Rp150.000 untuk BPJS kacamata kelas 3.

Untuk klaim kacamata gratis tidak bisa dilakukan sering-sering. Maka dari itu, pilihlah kacamata dengan bingkai yang kamu suka. Janganlah kamu membeli kacamata yang kurang cocok di selera kamu karena proses untuk klaim kacamata cukup panjang dan juga tidak bisa diklaim berkali-kali. BPJS Kesehatan tentunya akan membatasi pesertanya agar tidak terlalu sering mengklaim kacamata gratis. Nah itulah alur klaim kacamata BPJS yang bisa kamu ikuti semoga bermanfaat bagi kamu dan semoga lancar untuk mengikuti seluruh prosedurnya.