Inilah Keutamaan Puasa Arafah dan Niatnya

  • Whatsapp
Puasa Arafah memiliki banyak keutamaan. Cari tahu niatnya di sini. (Foto: Gahsoon).
.

Keutamaan Puasa Arafah

Meski puasa arafah hukumnya tidak diwajibkan namun sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat islam yang tidak melakukan ibadah haji. Sementara bagi mereka yang menjalankan ibadah haji tidak perlu melaksanakan puasa arafah. Berikut beberapa keutamaannya, di antaranya:

1. Dihapuskan Dosa

Salah satu keutamaannya ialah dihapusnya dosa selama 2 tahun yaitu satu tahun sebelum dan satu tahun yang akan datang. Hal ini tercantum dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah al-Anshari ra: “Ia menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Imam Muslim).

Baca juga ..!

2.  Dikabulkan Doa

Keutamaan puasa arafah selanjutnya ialah dikabulkannya doa. Hal ini tercantum dalam hadist HR Trimidzi yang mana “Sebaik-baiknya doa ialah pada hari arafah”. Adapun dari ‘Aisyah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

Yang mana Allah akan membebaskan seseorang dari neraka pada hari Arafah. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan mereka? (HR Muslim No 1348).