Sudah Bulan Dzulhijjah, Beginilah Niat Sholat Idul Adha dan Ketentuan Hewan Kurban

  • Whatsapp
Pemerintah telah menetapkan shalat idul adha dilaksanakan 10 Juli 2022. Ketahui niatnya di sini. (Foto: Fatanfilm).
.

Niat sholat idul adha perlu diketahui sebelum menunaikan ibadah dua rokaat yang dilaksanakan oleh umat islam pada saat hari raya idul adha. Sebelum melaksanakan sholat idul adha, alangkah lebih baik apabila Anda mempelajari terlebih dahulu niatnya yang dapat Anda cari tahu dalam artikel ini.

Pengertian Sholat Idul Adha

Sholat idul adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijah setelah terbit matahari. Pelaksanaan sholat idul adha ini lebih utama apabila dilakukan pada waktu sholat dhuha dan sebelum sholat dzuhur. Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat seperti sholat idul fitri yang dianjurkan untuk makan dulu sebelum sholat.

Baca juga ..!

Niat Sholat Idul Adha dan Dalil Mengenai Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha dapat dilakukan sendiri ataupun berjamaah. Sebelum memulai sholat, kita bisa membaca niat terlebih dahulu dan bisa diucapkan dalam hati ataupun diucapkan dengan lisan. Berikut niat sholat idul adha apabila diucapkan secara lisan:

“Usholli sunatan liidil Adha rokataini ma’muman/imaaman lillahi ta’ala.

yang artinya: “Aku berniat shalat sunnah idul adha dua rakaat sebagai ma’mum/imam karena Allah SWT”

Dalil sholat Idul Adha ini terdapat dalam surat Al Kautsar Ayat 2 yang artinya “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah”. Dalil lain yang menjelaskan mengenai idul adha juga  terdapat dalam Qur’an Surat Al-Hajj ayat 36.