Perolehan Poin Tertinggi ~ Klasemen MotoGP 2016 Sepang Sementara 30, Oktober

top skor motogpMotoGP musim ini terbilang sangat sengit, tercatat telah ada sembilan pembalap berbeda yang menjuarai seri-seri sebelumnya dan Andrea Dovizioso juga berhasil menaiki podium teratas pada seri ke 17 di cirkit Sepang yang berlangsung Minggu (30/10) siang kemarin.

Jalannya balapan di Sepang berlangsung sangat sengit, Dovi yang pada babak kualifikasi berhasil merebut pole position mengawali seri Sepang di grid terdepan di ikuti Rossi dan Lorenzo. Balapan berlangsung dalam trek yang basah, setelah start dimulai rekan satu Dovi di tim Ducati Andrea Iannone sempat memimpin balapan, namun tak berlangsung lama. The Doctor yang telah beberapa kali menjuarai seri Sepang maju menjadi yang terdepan namun tetap di buntuti kedua pembalap dari tim Ducati. Sementara Marquez pembalap yang telah dipastikan menjuarai MotoGp musim ini juga tetap ngotot, ia berusaha bersaing menyusul ketiga pembalap di depannya di urutan ke 4. Sedangkan Lorenzo terlihat bermain aman, ia juga mendapat perlawanan mengejutkan dari pembalap tim satelit cal crutchlow.

Di tengah balapan 3 rider, Iannone, Marquez dan crutchlow terjatuh hingga merubah urutan pembalap pada balapan tersebut. The Doctor memimpin cukup jauh di depan diikuti Dovizioso, sementara setelah Marquez dan crutchlow kandas Lorenzo maju ke urutan ke tiga. Sayangnya bagi Rossi, di beberapa lap sisa pembalap bernomor 46 itu melebar di tikungan menuju garis finis dan berhasil dimanfaatkan Dovizioso untuk memimpin. Rossi tak mampu merebut kembali posisinya lantaran terpaut jarak yang cukup jauh hingga balapan usai akhirnya Dovizioso berhasil mencatatkan namanya menjuarai seri balapan di Sepang diikuti Rossi pada posisi kedua dan Lorenzo di urutan ke tiga. Marquez hanya bisa finis ke-11 setelah terjatuh. Meskipun demikian, ia tetap berada di puncak dengan koleksi 278 poin.

Rossi cukup puas berhasil finis di urutan kedua, dengan begitu The Doctor telah mengamankan posisi kedua di musim balapan 2016 ini dengan raihan 236 poin dan menjauh dari raihan poin yang dimiliki Lorenzo. Setelah balapan usai, Lorenzo mengakui bahwa dirinya sangat beruntung bisa finis ke tiga. Raihan 208 poin yang dimiliki Lorenzo masih belum aman untuk saat ini, pembalap dari tim Suzuku Maverick Vinales masih berkesempatan untuk bisa menggeser posisi Lorenzo untuk menjadi juara ke tiga musim ini lantaran selisih poin yang cukup dekat. Kesempatan bagi Vinales akan datang pada seri terakhir di Valencia yang dikabarkan akan digelar Minggu, 13 November 2016.

Klasemen Pembalap MotoGP

No. Pembalap Tim Negara Point
1. Marc Marquez Repsol Honda Spanyol 278
2. Valentino Rossi Movistar Yamaha Italia 236
3. Jorge Lorenzo Movistar Yamaha Spanyol 208
4. Maverick Vinales Suzuki Ecstar Spanyol 191
5. Andrea Dovizioso Ducati Italia 162
6. Dani Pedrosa Repsol Honda Spanyol 155
7. Cal Crutclow LCR Honda Inggris 141
8. Pol Espargaro Monster Yamaha Tech 3 Spanyol 124
9. Hector Barera Avintia Spanyol 97
10. Andrea Iannone Ducati Italia 96
11. Aleix Espargaro Suzuki Ecstar Spanyol 85
12. Eugene Laverty Aspar Irlandia Utara 77
13. Scott Redding OCTO Pramac Yaknich Inggris 72
14. Alvaro Bautista Aprilia Racing Team Spanyol 67
15. Danilo Petrucci OCTO Pramac Yaknich Italia 65
16. Stefan Bradl Aprilia Racing Team Jerman 60
17. Bradley Smith Monster Yamaha Tech 3 Inggris 53
18. Jack Miller Marc VDS Australia 48
19. Michele Pirro Ducati Italia 36
20. Tito Rabat Marc VDS Spanyol 29
21. Loris Baz Avintia Prancis 24
22. Yonny Hernandez Aspar Kolombia 20

Share.