Resmi, ComScore Kini Menjadi Penyedia Data Pengunjung Situs di Indonesia

Resmi, ComScore Kini Menjadi Penyedia Data Pengunjung Situs di Indonesia
Nusantarapost.com Usai melewati berbagai proses seleksi selama beberapa bulan terakhir ini, kini akhirnya lima asosiasi yang didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia atau yang lebih dikenal dengan singkatan Bekraf memilih perusahaan riset pasar bernama comScore untuk dijadikan sebagai penyedia data standar dalam mengukur audiensi online di Indonesia.

Untuk kelima asosiasi tersebut terdiri dari Asia Pacific Advertising Media (AAPAM), Asosiasi Perusahaan Pengiklan Indonesia (APPINA), Indonesian Digital Association (IDA), Indonesian e-Commerce Association (idEA), dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). Dalam hal ini mereka tergabung dalam Indonesian Digital Measurement Consortium.

Dijadikan sebagai penyedia standar pengukuran, tentu saja comScore diharapkan untuk terus dapat menyelaraskan sumber data yang digunakan oleh para publisher digital yang ada di Indonesia mengenai audiensi online yang mereka kini pegang.

“Inisiatif ini adalah yang pertama di kawasan Asia Pasifik, para asosiasi iklan digital bersatu mendirikan konsorsium untuk standar pengukuran bersama,” ujar ketua konsorsium, Jerry Justianto, saat berbicara dalam konferensi pers kelima asosiasi di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Joe Nguyen selaku Senior Vice President comScore Asia Pasifik mengungkapkan apabila hingga sampai saat ini iklan digital yang ada di Tanah Air tidak memiliki pengukuran audiensi yang cukup standar. Beda halnya dengan televisi dan media cetak.

Namun, seiring dengan terjadinya peningkatan penetrasi internet dan perubahan perilaku konsumen yang semakin condong lebih menggunakan media online, ia menekankan bahwa perlu adanya sebuah standar pengukuran yang digunakan oleh semua pelaku dalam industri.

“TV dan media cetak masing-masing memiliki standar, tapi di digital (sebelum ini) ada terlalu banyak tolok ukur yang dipakai sehingga membingungkan,” kata Nguyen.

“Di sinilah letak peranan kami, sebagai penyedia data audensi online publisher yang independen dan standar untuk semuanya,” tambahnya.

Nguyen juga menuturkan apabila mengumpulkan data audiensi online ini dari basis panel sebesar 30.000 untuk PC dan 5.000 untuk mobile yang tersebar diseluruh wilayah yang ada di Indonesia.

jenis data yang dikumpulkanpun juga memiliki perbedaan ragam, meliputi demografi audiensi misalnya seperti usia, domisili dan hal-hal lain.

Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf juga memberikan sambutan baik penujukan comScore ini sebagai penyedia standar data audiensi online oleh kelima asosiasi yang tergabung dalam Indonesian Digital Measurement Consortium.

Share.