PPSU Tanggapi Larangan Ahok Untuk Libur Cuti Lebaran

PPSU Tanggapi Larangan Ahok Untuk Libur Cuti Lebaran
Nusantarapost.com Lebaran Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari lagi, tentu sudah banyak persiapan mudik yang dilakukan. Cuti lebaran pun banyak digelar oleh berbagai instansi pemerintah maupun swasta kepada pegawai mereka agar bisa pulang ke kampung halaman menikmati fitrahnya hari raya lebaran. Namun, sayangnya hal demikian tidak terjadi pada petuga PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dilarang untuk cuti selama Lebaran.

Larangan cuti lebaran untuk PPSU tersebut keluar dari Ahok, selaku Gubernur DKI Jakarta. Hal tersebut dikarenakan tenaga pasukan oranye ini sangat dibutuhkan tenaganya untuk dapat menangani sampah yang menumpuk selesai malam takbiran dan juga hari raya idul fitri besoknya.

Menanggapi keputusan Ahok ini, salah satu petugas PPSU Kelurahan Pulogebang, Jakarta Timur Beny (33) mengaku sudah mendengar mengenai aturan tersebut. Dirinya memaklumi keputusan pemerintah yang menugaskan para PPSU tidak dapat mengambil cuti pada saat Lebaran.

“Kalau kita bawahan mengikuti instruksi dari atas, kita ngikut saja namanya kerja,” kata Beny

Warga DKI Jakarta asli juga telah melontarkan sebuah pengakuan, kebetulan tahun ini memang tidak ada niatan untuk pulang mudik ke kampung halaman pas lebaran. Menyoal tentang keluarga, menurut mereka dapat mengerti mengenai konsekuensi sebuah pekerjaan.

“Kalau istri kan tergantung suami, kalau dia mudik ya mudik,” ujar Beny.

Menurut Beny, tugas ini dimaknai karena memang pada saat Lebaran tenaga kebersihan seperti PPSU, amat dibutuhkan masyarakat.

“Antisipasi buat sampah kan pasti banyak. Nanti juga bisa ditugasin kan buat pengamanan wilayah dan masjid,” ujar Beny.

Saat masuk hari raya idul fitri, Beny mengaku bahwa tidak ada informasi tentang pemberian masa lembur. Menurut Beny, ia berharap usai lebaran nanti PPSU dapat memperoleh waktu cuti untuk libur lebaran.

“Mudah-mudahan habis Lebaran dapat cuti dari Pak Ahok, tapi belum tahu, ya mudah-mudahan dapat,” ujar Beny.

Panji (23), petugas PPSU lainnya mengatakan, besar keinginannya untuk ber-Lebaran bersama di kampung halamannya, Madiun.

“Kalau pulang kampung ya pingin. Pasti nanya (keluarga). Tapi sudah ngabarin, kecewa aja orangtua kan,” ujar Panji.

“Kami siagakan Satpol PP dan PPSU, enggak boleh cuti,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis, (30/6/2016).

Sementara itu, mantan Bupati Belitung Timur itu menawarkan bagi para petugas Satpol PP dan PPSU untuk mengambil cuti setelah Lebaran.

Share.