Update Aplikasi, WhatsApp Hadirkan Fitur Berkirim Gambar GIF

393
Nusantarapost.com Aplikasi sosial media pesan singkat WhatsApp beberapa bulan kemarin sempat dikabarkan akan merilis sebuah fitur yang dapat saling berkirim gambar dengan format GIF. Saat ini sepertinya rumor tersebut akan segera menjadi kenyataan.

Dikutip dari laman Android Authority menyebutkan bahwa WhatsApp saat ini sudah mulai melakukan pengujian untuk pengiriman gambar bergerak dengan format GIF untuk pengguna mereka. Dalam update kali ini, telah hadir dengan membawa versi Beta, pengguna WhatsApp di Andoid kini dapat berkirim pesan dengan format GIF dengan orang lain dengan menggunakan video.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, pengguna cukup merekam video dengan menggunakan WhatsApp. Begitu selesai merekam, penggina akan diberi pilihan untuk memotong klip tersebut. Selama durasi video tersebut tidak lebih enam detik, WhatsApp akan memberikan opsi untuk mengubahnya ke dalam format file GIF.

Sejak peluncurannya pada tahun 2009 silam, WhatsApp terus saja mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut karena WhatsApp sering kali menghadirkan fitur lebih banyak untuk setiap pembaruannya bagi pengguna. Dan saat ini WhatsApp akan mengembangkan adanya fitur berkirim video dengan format GIF yang memang dirasa merupakan kekurangan dari aplikasi ini.

WhatsApp merupakan salah satu layanan yang telah mengalami perkembangan pada tingkat yang cukup mengesankan sejak pertama kali diluncurkan hampir 7 tahun yang lalu.

Walaupun begitu, namun nyatanya salah satu fitur yang dirasa paling kurang dari aplikasi ini adalah ketidakmampuan untuk dengan mudah mengirim GIF.

Disebut “mudah” karena secara teknis hal ini dapat dilakukan dengan ponsel Android pengguna, namun kebanyakan orang tidak nyaman memasuki aplikasi lain untuk mengedit video.

Di dalam update terbaru untuk versi Beta ini, nantinya pengguna bisa mengirim video dengan format GIF satu sama lain untuk aplikasi WhatsApp Android.

Pelanggan hanya perlu merekam video dalam WhatsApp, dan video yang telah direkam akan diberikan pilihan untuk dipotong. Video dengan durasi kurang dari 6 detik akan diberikan pilihan untuk diubah menjadi GIF. Metode yang sama juga bekerja di video yang telah ada sebelumnya di ponsel.

Fitur ini hanya muncul untuk dimasukkan pada versi 2.16.244 beta untuk aplikasi WhatsApp Android. Jika fitur ini telah meluncur ke pengguna beta, hanya masalah waktu sebelum akhirnya fitur itu tersedia bagi publik untuk semua pengguna WhatsApp, demikian Phone Arena.

Share.