Jelang Lebaran, Kemenpar Rilis Pesona Lebaran dan Pesona Kuliner Idul Fitri 2016

Jelang Lebaran, Kemenpar Rilis Pesona Lebaran dan Pesona Kuliner Idul Fitri 2016
Nusantarapost.com Seperti tidak terasa, tinggal enam hari lagi kita akan menutup momen bulan suci Ramadhan dan akan disambut dengan hari kemenangan atau hari Raya Idul Fitri 2016. Biasanya pada momen lebaran, satu hal yang tak luput dari masyarakat Indonesia adalah mudik atau pulang ke kampung halaman sendiri. Kemenpar rupanya telah menyediakan program khusus untuk dapat memberikan pelayanan bagi para pemudik jelang lebaran Idul Fitri.

Arief Yahya, selaku Mennpar kini telah meluncurkan sebuah program yang hadir dengan nama Pesona Lebaran dan Pesona Kuliner 2016, dengan memberikan hashtag #PesonaLebaran(kota) dan PesonaKuliner(kota).

Untuk anda yang penasaran dengan adanya program dari Kemenpar ini, bisa menjelajahi di peramban internet dengan menggunakan hashtag tersebut, kemudian menggantikan nama kota dengan destinasi yang anda ingin cari. Terutama bagi para pemudik, pasti mereka memiliki kota-kota di kampung halaman masing-masing untuk dapat berkumpul bersama sanak famili merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1437 H atau 2016 ini.

“Silakan coba Googling saja, misalnya #PesonaLebaranSolo, maka Anda akan menemukan 10 top destinasi wisata di Solo yang perlu dikunjungi. Juga #PesonaKulinerJogja, maka 10 kuliner favourit di Jogja bisa Anda temukan,” ucap Arief Yahya Menteri Pariwisata RI saat buka puasa bersama wartawan di Novotel, Jalan Gajah Mada, Jakarta beberapa waktu lalu.

Agar bisa mengetahui dimana saja lokasi-lokasinya tersebut, pengguna bisa mendownload aplikasi GoMudik melalui Google Play, bagi pemilik Android. Sedangkan IOs atau non android, silakan masuk melalui website: www.gomudik.com, maka secara otomatis ribuan alamat restoran di seluruh kota di Jawa dan Bali bisa dilihat di ponsel pintar Anda.

“Platform ini untuk para mudikers, yang berisi Destinasi Wisata, Kuliner, hotel, restoran, info bisnis seperti ATM, pasar, toko souvenir, oleh-oleh. Juga info dasar seperti SPBU, rest area, kantor Polisi, Rumah Sakit, Tempat Ibadah, Puskesmas dan lainnya,” papar Arief Yahya.

Kemudian, bagaimana mengenai konten yang dimilikinya? Menurut Arif Yahya sendiri ia menyebutkan dua endorser yaitu Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI) Vita Datau Mesakh, kurator 10 top kuliner di setiap daerah, lalu Pasha Ungu, untuk destinasi-destinasi yang pernah dia kunjungi.

“Jumlah kota akan terus bertambah hingga H-7 sampai H+1. Sudah lebih dari 20 kota yang bisa di searching saat ini,” jelas Arief Yahya yang saat itu didampingi Doni Hernawan, Petakita.Com dan Vita Datau AGI.

Sedangkan untuk kota yang sudah bisa dieksplorasi 10 to destinasi meliputi Yogyakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Jepara, Rembang, Surabaya, Malang, Madiun, Bojonegoro, Bandung, Banten, Jateng, Aceh, Lombok, Bali, Kepri, Bintan, Labuan Bajo, Morotai, Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, dan lainnya.

Khusus soal kuliner, Menpar Arief Yahya hanya memberikan nama makanan dan mana lokasi paling terkenal di kota itu. Sebab Arief khawatir apabila saat hari raya justru mereka tak berjualan, “Saran saya sih, jangan lama-lama liburnya, biar tidak banyak pemudik yang bisa mencicipi kuliner yang terkenal itu,” harapnya.

Arif Yahya rupanya serius dalam penggarapan aplikasi ini, hal tersebut terlihat dari sudah adanya pemberitahuan pada gubernur ataupun kadispar supaya berbagai destinasi mempersiapkan diri dengan baik. Karena diperkirakan akan ada sekitar 30 juta wisatawan yang datang ke tempat mereka.

Share.