Berita Terbaru Sidang ISBAT : Jadwal Penetapan Awal 1 syawal 1437 H Penetapan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2016

Jadwal SIDANG ISBAT 2016Berita Terbaru Sidang ISBAT : Jadwal Penetapan Awal 1 syawal 1437 H Penetapan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 2016 Menyambut datanganya hari raya lebaran idul fitri yang tidak lama lagi dalam hitungan jadi Direktur Urusan Agama Islam Thambrin bekerja sama dengan kemnag (Kementerian Agama) untuk menetukan awal bulan 1 Syawal 1437H pada tahun ini tepatnya pada tanggal 4 senin pada bulan juli 2016 sekaligus untuk menetapkan berakhirnya bulan puasa ramadhan.

Rencanya sidang isbat Akan berlangsng pada pukul pukul 17.00 WIB, dengan di hadiri oleh “mentri agama , perwakilan Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sidang isbat sebagai bentuk kebersamaan bertindak sebagai wakil pemerintah dengan Ormas Islam serta lembaga berkaitan dalam menetapkan, yang akhirnya mampu untuk dijalankan bersama-sama Sidang isbat bakal dikerjakan secara tertutup serta akhirnya di sampaikan secara terbuka dalam konferensi pers sesudah sidang. Thambrin menyampaikan Kementerian Agama bakal turunkan beberapa pemantau hilal Syawal 1437H di semua propinsi di Indonesia.

Sesuai sama keputusan yang berlaku sampai kini, disaat hilal tak dapat dirukyat, jadi jumlah hari bln. Ramadan bakal digenapkan atau isti’mal jadi 30 hari. Sehingga 1 Syawal 1437 H bakal jatuh pada 6 Juli. ’’Tetapi alangkah sebaiknya kita menanti hasil sidang isbat Kemenag

Walau belum ada pengumuman resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) , tetapi nyaris di pastikan Hari Raya Idul Fitri 2016 tidak bakal bergesar dari yang diprediksikan mulai sejak awal pemilihan Ramadhan. Walau dimaksud cuma adalah pormalitas saja, tetapi Kementerian Agama (Kemenag) tetaplah melansir jadwal sidang isbat penetapan 1 Syawal 1437 H/2016 M di gelar pada 4 Juli.

Share.