Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata merupakan nama dua orang yang

75

Nusantarapost.com Mungkin tak asing lagi oleh telinga para netizen. Ya, kedua orang ini merupakan pendiri sebuah forum komunitas Kaskus, yang saat ini namanya tengah populer.

Mungkin sedikit yang mengetahui, bahwa 17 tahun yang lalu sepasang sahabat ini sudah mengalami getir pahit manisnya saat membangun sebuah forum yang identik dengan sapaan agan dan aganwati tersebut.

Lihat Juga :

Aplikasi Instagram Akan Memperbarui Desain Dan Tampil Lebih Simpel

Bersiaplah, Xiaomi Mi5 Gold Edition Akan Melenggang Ke Pasaran 29 April 2016

Namun, buah manis dari jatuh bangunnya usaha mereka adalah sebuah keberhasilan dimana saat ini forum Kaskus menjadi forum komunitas terbesar yang ada di Indonesia, kemudian forum ini diangkat ke layar lebar dengan judul ‘Sundul Gan : The Story of Kaskus’ oleh Kaskus dan 700 Pictures.

Dalam film ini berisi cerita mengenai perjalanan Kaskus dari mulai dibentuknya pada 6 November 1999 silam sampai saat ini berhasil menjulang kesuksesan dan dikisahkan melalui sudut pandang persahabatan yang terjalin antara Andrew dan Ken.

Dari film tersebut, kedua pendiri Kaskus ini ingin mengingatkan kepada seluruh anak muda di Tanah Air dan juga para pendiri Startup bahwa perjalanan Kaskus yang saat ini menjad komunitas dengan 28 juta pengguna tersebut tidak gampang.

Andrew lewat konferensinya menjelaskan bahwa, “Terdapat banyak suka dan dukanya, kami ingin menjelaskan bahwa perjalanan startup itu tidak selalu mulus, ada problemnya, ributnya, supaya mereka (penonton) bisa tahu bagaimana Kaskus bisa sebesar saat ini.”

Andrew yang akrab dengan sapaan Mimin tersebut juga menyampaikan pesan ke para pendiri startup untuk membuat suatu produk yang sesuai dengan passion mereka.

“Kami benar-benar percaya kepada produk Kaskus. Selain itu, harus persistens, jangan berhenti di tengah jalan. Ini yang akan menjadikan startup besar,” ujarnya.

Mimin juga tak lupa untuk mengingatkan kembali bahwa usia Kaskus yang sudah menginjak 17 tahun tersebut adalah sebagai tanda bahwa panjangnya perjalanan mereka untuk mendirikan starup yang didirikan di Seattle, Amerika Serikat tersebut.

Andrew juga mengungkapkan jika ia dan Ken dulunya berhenti ketika Kaskus berusia 3 atau 4 tahun maka kesuksesan tersebut tidak akan digapai seperti sekarang ini.

Senada dengan sahabatnya, Ken mengibaratkan perjalanan Kaskus dengan lari marathon yang tak kunjung usai.

“Ini bukan lari jarak 100 meter yang bersaing untuk menang. Tetapi semacam marathon dengan kompetitor, ‘nanti gue lewatin lu, lu lewatin gue.’ It’s never ending marathon,” kata Ken.

Meski sudah memiliki 15 juta page view per hari, Ken mengakui Kaskus tidak mungkin selalu berada di atas. Seperti halnya startup, Kaskus harus selalu diperbaiki.

“Harus buat sesuatu yang lebih baik lagi, lebih baik lagi,” katanya, berpesan kepada startup.

Sundul Gan: The Story of Kaskus sendiri digarap oleh sutradara wanita Naya Anindita dan dibintangi oleh Diyon Wiyoko sebagai Ken dan Albert Halim yang memerankan Andrew. Nantinya, film ini akan tayang 2 Juni 2016 di bioskop Indonesia.

Share.