Jumlah TKA di Indonesia Masih Sedikit Dibanding TKI di Luar Negeri, Anis Himbau Jangan Kawatir

10

Nusantarapost.com – Hanif Dhakiri selaku Menteri Ketenagakerjaan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak terlalu mengkhawatirkan kabar yang beredar mengenai akan banyaknya tenaga kerja dari asing (TKA) yang akan masuk ke wilayah Indonesia.

Menurut penjelasan menteri ini, terdapat 70 ribu orang yang berstatus TKA di Indonesia ini. Hanif menilai bahwa jumlah ini adalah jumlah keil apabila dibandingkan dengan jumlag tenaga kerja Indonesia sendiri yang bahkan mencapai 129 juta orang banyaknya.

“Pekerja asing jumlahnya hanya 70 ribu orang. Sedangkan penduduk kita jumlahnya 240 juta orang, angka tenaga kerja kita 129 juta orang. Kalau bandingkan 0,1 persennya saja ada. Jadi jangan ditakuti masyarakat dengan tenaga kerja asing,” ujarnya di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (28/8/2015).

Menurut Hanif, jumlah TKA di negara lain justru lebih banyak di banding dengan Indonesia. Bahkan hampir sebanding dengan jumlah penduduknya.

“Malaysia yang 27 juta orang, jumlah TKI Indonesia disana sebanyak 1,2 juta orang. Di Singapura, tenaga kerja¬† asingnya hampir 50 persenya. Kemudian di Arab Saudi juga yang jumlah penduduknya 4 juta-5 juta orang, tenaga asingnya juga separuhnya,” jelas dia.

Hanif juga berpendapat bahwa secara aturan yang berlaku, TKA yang natinya bekerja di Indonesia pun harus merupakan tenaga kerja yang memiliki keahlian atau menempati suatu kedudukan yang tinggi. Apabila TKA masih dibawah standar, maka dapat dikatakan adanya indikasi suatu pelanggaran pada saat proses pengurusan visa dari TKA tersebut.

Share.