Akun Sosial Media Bos Google Tak Luput Dari Tangan Hacker

Akun Sosial Media Bos Google Tak Luput Dari Tangan Hacker
Nusantarapost.com Beberapa waktu yang lalu kita mengetahui bahwa bos Google, Mark sudah pernah mengalami akun sosial medianya di retas oleh tangan hacker. Tak lama setelah itu kini CEO Google yaitu Sundar Pichai ternyata mengalami hal serupa yaitu akun sosial media miliknya juga kena retas oleh tangan hacker.

Akun media sosialnya kena retas pada awal minggu ini, kabar tersebut sungguh merupakan kabar tidak baik bagi Sundar Pichai. Akun yang bernama Quora yang ia miliki tersebut rupanya tidak luput dari tangan jahil para hacker yang bernama OurMine, rupanya grup hacker ini memang sengaja mengincar akun sosial milik orang-orang ternama dalam bidang teknologi seperti yang sebelumnya mereka lakukan pada akun twitter milik CEO Facebook.

Grup hacker ini memiliki anggota tiga orang, mereka telah mengunggah beberapa pesan pada akun Quora Pichai. Akun tersebut juga sudah dihubungkan dengan akun Twitter Pichai, itu berarti bahwa pesan dari para hacker ini juga sampai pada 508 ribu pengikut Pichai. Mengetahui hal tidak enak ini, tweet tersebut saat ini sudah dihapus.

Belakangan ini, target yang dipasangkan oleh OurMine adalah para eksekutif perusahaan teknologi berskala besar bahkan CEO Spotify yaitu Daniel Ek juga tak luput dari tangan hack mereka.

Sampai saat ini, masih belum ada kejelasan dari pihak OurMine mengenai bagaimana grup hacket ini mendapatkan akses ke akun-akun para petinggi teknologi besar ini. Mereka mengklaim memakai berbagai kelemaha untuk mendapatkan password ke peramban para orang-orang ternama ini.

Disini, OurMine sendiri berusaha untuk memperkenalkan dirinya sebagai perusahaan kemananan dan menawarkan sebuah pelayanan bagi mereka yang ditargetkan oleh OurMine. Cara yang dilakukan cukup unik yaiut dengan meretas akun sosial media seseorang dan menawarkan jasa mereka, menyebutkan mereka dapat mencegah agar akun tidak kembali diretas.

Sementara itu, Quora mengatakan bahwa mereka tidak percaya penyebab terbobolnya akun Pichai karena adanya kelemahan pada sistem mereka.

“Kami yakin akun Sundar Pichai tidak diretas karena adanya kelemahan pada sistem Quora. Hal ini sesuai dengan laporan yang telah muncul yang menyebutkan, OurMine menggunakan kebocoran password pada layanan lain untuk mendapatkan akses ke akun Facebook atau Twitter seseorang,” kata Quora.

“Kami juga tidak ingat pernah mendapatkan laporan dari OurMine mengenai kelemahan pada sistem. Kami menyarankan agar masyarakat menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun pada layanan yang berbeda. Sehingga, kebocoran yang terjadi di satu layanan tidak akan membuat hacker dapat mengakses akun mereka di layanan lain.”

Share.