Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Artinya

Niat puasaSebetulnya untuk bacaan Niat Puasa saya meyakini setiap umat muslim telah mengetahui bacaan niat puasa di bulan ramadhan . Namun tak ada salahnya jika admin menuliskan kembali  karna mungkin saja masih ada yang lupa akan bacaan niat tersebut .

Sebelumnya ke do’a-nya kita kaji sedikit tentang niat puasa ini. Kalau niat berpuasa saat malam hari yaitu harus, karna niat termasuk juga rukun puasa. Serta tempatnya kemauan itu di dalam hati. Jadi tak sah niat yang hanya disampaikan dilisan sesaat hatinya kosong.

Niat juga tak diwajibkan dengan bahasa arab, bisa juga menggunakanbahasa keseharian kita juga telah sah. Niat puasa harusnya mesti dijalankan pada masing-masing malam di bulan ramadhan.

Niat puasa di bulan ramadhan

كُلُّ مَنْ عَلِمَ أَنَّ غَدًا مِنْ رَمَضَانَ وَهُوَ يُرِيدُ صَوْمَهُ فَقَدْ نَوَى صَوْمَهُ سَوَاءٌ تَلَفَّظَ بِالنِّيَّةِ أَوْ لَمْ يَتَلَفَّظْ . وَهَذَا فِعْلُ عَامَّةِ الْمُسْلِمِينَ كُلُّهُمْ يَنْوِي الصِّيَامَ

“Setiap orang yang tahu bahwa esok hari adalah Ramadhan dan dia ingin berpuasa, maka secara otomatis dia telah berniat berpuasa. Baik dia lafalkan niatnya maupun tidak ia ucapkan. Ini adalah perbuatan kaum muslimin secara umum; setiap muslim berniat untuk berpuasa.” (Majmu’ Fatawa, 6:79)”

Cukup dalam semua bulan Ramadhan kita punya niat sekali pada awal bulan ramadhan, karna meskipun seorang tak berniat puasa setiap hari saat malam harinya, semuanya telah masuk dalam tujuannya diawal bln.. Namun bila puasanya terputus dipertengahan bulan ,  baik dikarnakan sedang melancong, sakit dsb, jadi dia mesti membaca niat puasa kembali, karna dia sudah memutus niat untuk melakukan puasa selama satu bulan lamanya.

niat puasa Satu bulan.

Bacaan Niatnya adalah sebagi berikut:

Nawaitu shauma sahri ramadhana Kullihi Lillahi ta’ala.

Share.