Inilah 6 Aplikasi Untuk Perekam Layar Tanpa Root di Android

45
Nusantarapost.comĀ Merekam layar 9screen record dengan menggunakan smartphone Android sudah lumrah dilakukan oleh pengguna, akan tetapi cara biasa tentu memiliki kemampuan yang juga masih biasa apalagi terbatas karena harus melakukan root dulu di Android penggunanya. Menanggapi hal tersebut, Google mengenalkan OS update terbaru yaitu Android 5.1 Lollipop yang dapat memungkinkan pengguna untuk merekam layar Android tanpa melakukan akses root sehingga pengguna bisa membuat rekaman layar atau screen record lebih mudah.

Sebenranya, di Google Play Store sendiri sudah tersedia beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan rekaman layar tersebut. Apa saja aplikasi tersebut? berikut ulasannya :

1. Lollipop Screen Recorder
Lollipop screen recorder lebih sederhana, kamu hanya cukup menekan tombol untuk mulai merekam layar. Pengaturannya cukup lengkap, kamu bisa menyesuaikan resolusi, bitrate, orientasi video, start delay, dan memilih tempat menyimpan file rekaman video.

2. Mobizen Screen Recorder
Setelah kamu meng-install Mobizen Screen Recorder, aplikasi akan melakukan konfigurasi pengaturan dan mencocokkan kemampuan hardware perangkat kamu. Secara default video hasil rekamannya ada watermark-nya, tapi kamu dapat menghilangkannya melalui pengaturan. Kamu juga dapat memangkas dan memotong hasil rekaman layar.

3. ADV Screen Recorder
ADV Screen Recorder memungkinkan kamu untuk kreasi video di layar smartphone. Karena kamu dapat menggambar atau mencorat-coret layar. Kamu juga bisa membuat video tutorial lebih mudah dengan aplikasi ini. Menariknya, kamu juga bisa menambahkan rekaman dari kamera depan ke video.

4. YouTube Gaming

Awal bulan April Google akhirnya meluncurkan channel YouTube Gaming di Indonesia, yang berisi video tentang game dan live streaming yang berhubungan dengan game. Google menyebutnya sebagai “komunitas terbesar dari para gamer di internet”.

Aplikasi YouTube Gaming ini sudah tersedia di Android dan iOS. Selain untuk menonton video terkait game, kamu juga bisa juga merekam layar untuk game atau aplikasi lainnya dengan aplikasi ini. Kamu bisa langsung upload ke YouTube atau cukup menyimpannya saja di memori telepon.

Terdapat satu fitur menarik, yaitu mobile capture yang menampilkan wajah kamu saat merekam layar. Fitur ini tentunya memudahkan kamu menjelaskan lebih menarik tanpa bantuan video editor khusus.

5. Rec. (Screen Recorder)
Meskipun Rec sudah lama hadir, namun aplikasi ini tidak sederhana. Karena kamu bisa mengatur bitrate, resolusi, dan kontrol waktu. Tidak ada batas waktu, jadi kamu bisa merekam sepuasnya hingga memori habis. Hasilnya juga tanpa watermark. Rec punya versi Pro, jika kamu ingin menghilangkan iklan dan untuk akses ke pengaturan lebih lanjut, seperti kualitas video preset.

Share.