Menarik, Inilah Tips Aman Kencan Secara Online

303

Sumber : Google

Nusantarapost.com Berkembangnya teknologi tentu juga akan memaksa penggunanya ikut berkembang agar dapat mengimbangi perkembangan yang semakin pesat. Saat ini perkembangan teknologi dalam dunia sosial media terutamanya benar-benar mengalami perkembangan pesat bahkan mampu mengubah gaya hidup penggunanya. Seperti yang saat ini kita ketahui bersama bahwa telah banyak sekali situs dating online yang beredaran dan dapat digunakan pengguna untuk ajang cari jodoh.

Lihat Juga : Lenovo Moto Z Mengusung Konsep Modular Siap Diluncurkan 9 Juni Mendatang

Tentu saja situs dating online ini memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan penggunanya saat melakukan kencan secara online, namun ternyata kehati-hatian tersebut tak selalu diharuskan untuk pemilik situs namun juga pengguna sendiri wajib hukumnya harus menjaga perilaku mereka ketika menggunakan situs dating online ini.

Dalam peluncuran sebuah situs edukasi onlinedatingaman.org, yang telah dilakukan di Jakarta pada hari Rabu, 25 Mei 2016 ini oleh sang CEO biro jodoh online Setipe.com Razi Thalib, ia pun tak lupa untuk berbagi tips aman kencan online bagi para penggunanya sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Tips yang ia berikan juga tentunya untuk memberikan rasa aman kepada sang pengguna.

Untuk tips pertama yang diberikan oleh CEO, yaitu saat membuat akun, cari layanan yang terpercaya. “Pilih layanan yang kredibel, karena ada situs yang sengaja untuk penipuan, siapa orang dibalik situs itu harus jelas,” kata Razi.

“Dan, paling penting klik ‘tentang kami’. Informasi tentang pendiri dan kantor, jadi jelas siapa di belakang situs,” sambung dia.

Kedua, jaga identitas pribadi. Razi sangat tidak menganjurkan untuk membagikan nomor ponsel apalagi alamat rumah. “Yang penting bukan info pribadi, tapi perspektif atau ketertarikan kita terhadap sesuatu, hobi misalnya. It’s about us, but not about location,” ujar dia.

Ketiga, jaga password. Razi juga mengingatkan untuk selalu memastikan akun sudah keluar (log out), terutama saat menggunakannya di perangkat umum.

Selanjutnya, saat bertemu dengan pasanganan di dunia maya, Razi menyarankan untuk tidak memberi nomor ponsel sebelum mengenal pasangan lebih jauh.

Bos dari situs dating online ini juga menganjurkan untuk tidak terburu-buru mengajak bertemu pasangan. Dia juga menekankan untuk tidak melakukan kegiatan apa pun yang berkaitan dengan akun bank, transfer misalnya.

Sebaliknya, melakukan investigasi lanjutan lewat Google dan media sosial sangat disarankan.

“Kalau misal lebih terbuka di sosmed membantu memastikan ini orangnya benar atau tidak, setidaknya melihat sisi kehidupannya,” ujar Razi.

“Minimum seminggu ngobrol dulu, biar kelihatan sifatnya bagaimana, baru kopdar (kopi darat),” tambah dia.

Share.