Google Kini Angkat Bicara Mengenai Rumor Tentang Project Ara

298

Sumber : Google

Nusantarapost.com Google memang belakangan ini tengah dikaitkan dengan project terbaru yang dibuatnya dikenal dengan nama Project Ara. Berdasarkan desas desus yang terdengar mengungkapkan bahwa Project ini siap untuk diluncurkan. Google pun akhirnya angkat bicara untuk memberikan informasi lebih detil mengenai project Ara yan ramai dibicarakan tersebut.

Lihat Juga : Tim Cook, Bos Apple Akui Harga iPhone Memang Terlalu Mahal

Pengumuman ini diberikan oleh Google guna untuk mengklarifikasi beberapa rumor yang saat ini beredar terkait dengan ponsel modular pertama dari Google yang disebut-sebut akan hadir dengan dilengkapi oleh enam buah modular.

Menurut informasi yang dilontarkan secara resmi oleh Google, mengungkapkan apabila Project Ara tersebut akan hadir dengan mengusung layar, prosesor serta RAM yang tidak bisa digantikan. Akan tetapi, diklaim pula oleh Google bahwa perangkat Project Ara ini siap untuk menghadapi masa depan tersebut tidaklah benar adanya.

Diakui oleh perusahaan raksasa teknologi tersebut bahwa tidak melengkapi perangkat besutannya ini dengan adanya kemampuan tersebut karena sebagian besar dari pengguna tidak terlalu memperdulikan adanya hal ini.

Menurut Google, Project Ara ini akan menjadi sebuah dasar pengembangan ide yang berkaitan dengan prangkat komunikasi selanjutnya. Tak cukup sampai disitu saja, dilaporkan pula oleh Phone Arena bahwa Google nantinya juga akan menjaga gagasan Ara sebagai ponsel khas yang pernah dimilikinya.

Bahkan Google juga menyebut bahwa nantinya akan memperhatikan dengan lebih ketat terkait dengan modul yang dibuat oleh pihak ketiga. Modul tersebut diharuskan untuk mendapatkan persetujuan dari Google dan dilengkapi dengan kode khusus Google untuk dapat berinteraksi dengan ponsel Ara.

Tak cukup sampai disitu saja, penjualan modul tersebut menurut Google akan ditangani secara langsung oleh Google tanpa melalui perantara lain seperti sebelumnya, memungkinkan besar Google untuk mengambil komisi dari setiap penjualan. Hal ini ditujukan untuk menghindari kesimpangsiuran terkait dengan penjualan dan pendistribusian modul Ara.

Sementara disisi lain, Google masih mempertahankan klaimnya mengenai Ara yang akan menjadi platform terbuka, yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja. Google juga menyebut akan mendukung kepada produsen dan pengembang yang tertarik membuat modul Ara, melalui berbagai bentuk dan cara.

Google mengaku masih dalam proses pencarian terkait dengan inovasi form factor, sehingga memungkinkan modul Ara digunakan pada berbagai perangkat elektronik.

Google lebih lanjut menegaskan bahwa pengembangan Project Ara akan dilakukan di markas pusat sehingga gawai ini benar-benar “Ponsel Google”. Bahkan Google akan melakukan pengawasan ketat terhadap modul buatan pihak ketiga

Berbagai modul buatan pihak ketiga juga harus disetujui Google. Dan penjualan seluruh modul harus melalui Google.

Meski begitu, Google masih membuka kesempatan bagi para produsen dan pengembang yang ingin membuat modul ponsel Project Ara. Panasonic, TDK, Wistron, E-Ink, Toshiba, Harman, Samsung, Sony Pictures, dan beberapa perusahaan lain di bidang kesehatan dikabarkan sudah masuk dalam daftar pembuat modul.

Share.