Tim Cook, Bos Apple Akui Harga iPhone Memang Terlalu Mahal

287

Sumber : Google

Nusantarapost.com CEO Apple, yaitu Tim Cook kini mengutarakan sebuah pengakuan yang memang telah lama dinyatakan oleh berbagai kalangan mengenai produk dari Apple yaitu iPhone yang dibanderol dengan harga relatif mahal. Hal tersebut diakui oleh Tim Cook pada kesempatan wawancaranya dengan saluran berita di India yaitu NDTV, disebutkan oleh Deutsche Bank, India menjadi salah satu pasar iPhone yang memiliki harga tinggi diseluruh dunia.

Goolge Patenkan Kap Mobil “Lengket” Untuk Selamatkan Pejalan Kaki

Menurut ungakapan Deutshce sendiri, di pasar iPhone India, perangkat komunikasi garapan Apple ini dipasarkan dengan harga 31 persen cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pasar iPhone yang ada di Amerika Serikat. Penawaran harga yang diberikan ini terbilang lebih tinggi tak hanya ditemukan di India saja, sebut saja negara Swedia, Indonesia, dan Brazil yang juga menjual iPhone denan harga lebih mahal.

Pernyataan pembawa acara Vikram Chandra terkait harga iPhone yang lebih tinggi dibenarkan Cook, dengan menyebut pajak yang dibebankan saat memasukan iPhone ke India menjadi alasan melambungnya harga perangkat ini jika dibandingkan dengan harga di Amerika Serikat.

Tim Cook ini juga mengutarakan apabila walaupun dipasaran iPhone ini dibanderol dengan harga yang terbilang mahal, namun ternyata keuntungan yang diperoleh oleh Apple secara materi dari pasar India lebih sedikit jika dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh di pasar Amerika Serikat, negara asalnya.

Akan tetapi, menurut pengakuan Cook, saat ini ia tengah melakukan upaya untuk dapat menghadirkan sebuah perangkat Apple yang dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau oleh seluruh masyarakat dunia, termasuk pula India.

Namun, sampai saat ini memang belum ada kejelasan dari Apple akan langkah seperti apa yang akan diambil nantinya untuk dapat menggapai tujuannya tersebut. Cook, sebagai CEO Apple hanya menyatakan apabila perusahaannya saat ini sedang melakukan pengkajuan di pasar India secara holistik, sebelum memutuskan untuk dapat memasarkan produknya secara mandiri atau bekerja sama dengan operator lain.

Memang, sudah bukan rahasia lagi apabila kita mengaca mengenai produk Apple seperti halnya iPhone yang dibanderol dengan harga relatif mahal. Hal itulah yang membuat produk high-end dari Apple tersebut tidak dapat terjangkau oleh masyarakat kelas menengah kebawah karena mahalnya harga jual yang dibanderol.

Bakat yang terdapat di wilayah India turut menjadi perhatian Apple, saat disinggung terkait dengan rencana investasinya di negara tersebut. Hal ini juga menjadi alasan Apple untuk membentuk komunitas pengembangan software dan aplikasi iOS.

Harga iPhone di beberapa negara memang lebih tinggi dibandingkan banderol di AS. Menurut data dari Deutsche Bank yang beredar beberapa waktu lalu, iPhone 6 seharga 600 dollar di AS bisa dijual seharga 784 dollar AS di India.

Di Indonesia juga demikian, bahkan selisih harganya lebih tinggi. iPhone 6 tadi bisa dijual seharga 865 dollar AS atau hampir Rp 12 juta di Tanah Air. Adapun rekor tertinggi dipegang oleh Brazil yang bisa memberlakukan harga hingga 931 dollar AS.

Share.