Harga Tiket Mudik : Naikkan Harga Tiket Mudik Lebaran, Hati-hati di Sanksi

Harga Tiket Mudik : Naikkan Harga Tiket Mudik Lebaran, Hati-hati di Sanksi
Nusantarapost.comĀ Mudik merupakan suatu tradisi yang biasa dijalankan oleh seluruh masyarakat Indonesia ketika menjelang hari raya idul fitri. Dimana saat ini hari raya lebaran (Idul Fitri) sudah semakin dekat, dan yang akan menjadi momok pembicaraan paling ramai biasanya dimana-mana adalah harga tiket pesawat untuk kebutuhan mudik mereka.

Diungkapkan oleh Kemenhub atau Kementerian Perhubungan bahwa maskapai yang akan menaikkan tarif atas terlalu tinggi melebihi dari aturan ketika periode mudik Idul Fitur bisa saja akan dikenakan sangksi. Awalnya, akan ada surat teguran yang akan diberikan terlebih dahulu.

Suprasetyo selaku Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub juga telah menuturkan apabila jika masih tetap melakukan pelanggaran maka akan ada teguran kedua dan selanjutnya teguran ketiga. Lalu, sanksi terakhir akan dikenakan denda.

“Ada peringatan satu, dua, tiga. Kalau masih melanggar ada denda segala macam sesuai ketentuan,” ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (22/6/2016).

Suprasetyo menjelaskan, saat-saat rawan terjadinya kenaikkan harga tiket cukup tajam terjadi pada hari libur sebelum Idul Fitri. Sehingga, pengawasan akan lebih diperketat.

“Tergantung hari libur, tanggal merah sampai hari H. Pengawasannya ketat dari inspektur angkutan udara, inspektur kelayakan, inspektur operasi dan lainnya,” katanya.

Kemenhub ini memberikan contoh misalnya terjadi pelanggaran mengenai ketentuan tarif ini sempat terjadi pada beberapa bulan yang lalu. Melibatkan maskapai besar sebut saja seperti Garuda Indonesia dam Sriwijaya Air, mereka berlomba banting harga dengan menurunkan tarif bawah melebihi ketentuan.

“Ya kalau kemarin ada yang melanggar, kami jelaskan ternyata mereka ada yang belum paham terhadap batas bawah. Ada empat maskapai, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, NAM Air, rutenya macam-macam,” pungkasnya.

Memang biasanya, menjelang hari raya atau mudik lebaran biasanya harga tiket akan melonjak naik tinggi secara drastis, hal tersebut juga dikarenakan banyak atau meningkatnya permintaan dari pelanggan.

Share.