Aibus Kini Luncurkan Motor Listrik Hasil Cetak Printer 3D

277

Sumber : Google

Nusantarapost.com Airbus yang selama ini dikenal merupakan raksasa penerbangan, lewat anak perusahaan mereke yang bertempat di Jerman yaitu APWorks, kini hadir dengan membawa suatu produk inovasi baru ciptaannya yaitu sebuah sepeda motor listrik yang merupakan hasil dari mesin cetak 3D, sepeda motor listrik cetak printer 3D tersebut diklaim merupakan yang pertama kalinya hadir di dunia.

Berdasarkan laporan dari AFP menyebutkan bahwa sepeda motor listrik ini hadir dengan bobot yang dibawa hanya 35 kilogram saja bahkan lebih rinan dibangingkan dengan sepeda motor listrik lain, sepeda motor listrik hasil cetak 3D ini bahkan diklaim oleh APWorks merupakan sepeda motor listrik paling ringan yang ada di dunia saat ini.

Sang perusahaan memberikan nama pada sepeda motor listrik ini yaitu Light Rider, sepeda motor terseut digerakkan dengan baterai yang memiliki daya dengan kapasitas sebesar enam kilowatt, body yang diusung oleh sepeda motor listrik hasil cetak 3D ini memiliki body yang berlubang sehingga inilah yang membuat sepeda motor listrik tersebut memiliki bobot yang begitu ringan.

Berdasarkan pernyataan resminya dalam sebuah situs Airbusgroup menyatakan bahwa rangaka sepeda motor listrik ini memiliki berat hanya enam kilogram saja, namun kemampuan pacu sepeda motor listrik garapan Airbus ini diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 80km/jam. Light Rider dapat melaju hingga jarak 60 kilometer dalam satu kali pengisian daya, dengan kecepatan hingga 80km/jam dan dapat bergerak dalam kecepatan 0 hingga 45 km dalam waktu 30 detik. Sepeda motor listrik ini juga dilengkapi dengan baterai yang dapat diganti.

Joachim Zettler selaku CEO APWork mengungkapkan apabila adanya teknologi printer 3D inilah yang kemudian memungkinkan pihak perusahaan bisa membuat bodi khusus untuk sepeda motor listrik tersebut.

“Struktur berlubang yang kompleks dan bercabang ini tidak akan bisa diproduksi menggunakan teknologi konvensional seperti bubut dan pengelasan,” ia mengungkapkan.

Pada setiap bagian rangkat di sepeda motor listrik Light Rader ini hadir dengan adanya sistem laser cetakan 3D yang dapat meleburkan jutaan partikel aluminium secara bersamaan. Rangka ini terdiri dari beribu ribu lapisan tipis yang memiliki ukuran 60 mikron.

APWork sendiri memberikan penawaran produksi untuk sepeda motor Light Rider ini sebanyak 50 buah sepeda moto listrik dan sudah dapat dipesan saat ini. Produk sepeda motor listrik hasil cetak 3D milik Airbus ini dijual seharga USD56.095 per unitnya. Sepeda motor listrik ini dapat dipesan melalui program pre-order via situs resminya, dengan deposito sebesar USD2.200.

Kabarnya saat ini juga menyebutkan bahwa Airbuss juga sedang dalam upaya untuk dapat menerapkan prinsip yang sama pada pesawat. Rencananya produsen jet asal Prancis ini akan mempresentasikan prototipe pesawat bermesin ganda yang dicetak dengan mesin printer 3D di Berlin Air Show 2016 pada Juni mendatang.

Share.