Drone Penyebar Internet Besutan Facebook Kini Sudah Diterbangkan

Drone Penyebar Internet Besutan Facebook Kini Sudah Diterbangkan
Nusantarapost.com Bagi sebagian anda mungkin pernah mendengar nama dari sebuah drone yaitu Aquilla yang dimiliki oleh Facebook. Mungkin bagi sebagian yang masih asing dengan namanya, Aquilla ini merupakan sebuah pesawat tanpa awak dimana mengemban tugas untuk menyebarkan internet ke daerah terpencil, dan kini kabar baiknya adalah drone tersebut sudah mulai diterbangkan secara perdana.

Diketahui bahwa selama ini pihak Facebook sendiri telah melakukan beberapa uji coba dengan menerbangkan miniatur Aquilla yang memiliki ukuran seperlima dari ukuran asli drone ini. Sementara dalam penerbangan perdananya tersebut, drone yang dipakai sesuai dengan desain aslinya ini memiliki rentang sayap sedikit lebih lebar dari Boeing 737.

Untak penerbangan pertama ini sekaligus juga sebagai usaha dari Facebook dalam membuktikan kinerja, kapasitas, serta bagaimana desain keseluruhan yang akan dibawa oleh Aquilla dalam dunia nyata. Aquilla sendiri telah lepas landas dari sebuah lapangan udara milik militer Amerika Serikat yang ada di Yuma, Arizona.

Seperti yang dilansir dari laman Newsroom Facebook, pada Jumat, 22 Juli 2016 lalu menyebutkan bahwa Aquilla dirancang agar bisa terbang terus menerus selama 3 bulan sambil memancarkan gelombang internet.

Namun dalam uji coba, Facebook hanya menerbangkannya selama satu setengah jam saja di ketinggian 2.000 kaki atau sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Baterai yang digunakan pun masih berupa lithium ion saja, seperti yang dipakai pada ponsel.

Untuk Aquilla versi uji coba ini memang masih belum memiliki kesiapan untuk bisa terbang dalam waktu lama hingga berbulan-bulan. Tak hanya itu saja, ketinggian yang sebenarnya diinginkan oleh Aquilla adalah pada 60.000 hingga 90.000 kaki atau sekitar 18 hingga 27 kilometer di atas permukaan laut.

Sebenarnya masih ada teknologi yang harus diselesaikan supaya hal tersebut bisa menjadi nyata. Global Head of Engineering and Infrastructure Facebook Jay Parikh, mengatakan kepada Wired, bahwa mereka berencana memasang panel pemanen energi matahari yang dipasang pada baterai khusus agar bisa mencapai target tersebut.

Namun, meskipun begitu diperlukan adanya riset panjang untuk bisa melengkapi teknologi yang dibutuhkan oleh Aquilla, penerbangan pertamanya ini merupakan salah satu langkah pertama mereka untuk maju.

Diharapkan apabila dimasa depan nanti, Facebook dapat sungguh-sungguh bisa menerbangkan Aquilla sampai ke daerah pedalaman dan menjangkau sebanyak 4 miliar orang yang masih belum pernah terjamah oleh internet.

Di sana, pesawat tanpa awak itu akan memancarkan sinyal pada orang-orang di bawahnya, dengan radius jangkauan 96 kilometers.

Share.