Google Gandeng Levi’s Kerjasama Membuat Sebuah Jaket Pintar

272

Sumber : Google

Nusantarapost.com Google seperti tiada hentinya dalam menciptakan berbagai inovasi baru dalam dunia teknologi, seperti yang kini diberitakan bahwa perusahaan raksasa tersebut kini sedang menyusun rencana untuk masuk dalam dunia fashion. Google memilih produk fashion yang sudah ternama yaitu Levi’s untuk mengembangkan inovasinya tersebut.

Lihat Juga : Drone Xiaomi Dirilis 25 Mei 2015, Teaser Sudah Mulai Beredar

Bersama Levi’s, Google akan membuat sebuah projek yang mereka usung dengan nama Project Jacquard dimana hasil dari project kedua perusahaan raksasa tersebut akan menghasilkan sebuah jaket pintar yang diklaim memiliki kemampuan cukup canggih untuk para pengguna terutama bagi pengguna sepeda.

Jaket hasil Project Jacquard tersebut adalah hasil kreasi dan inovasi dari divisi Google ATAP ((Advanced Technology and Projects). Bila menggunakan jaket ini, pengguna bisa mengatur pemutar musik, menjawab panggilan masuk, dan melakukan akses navigasi dari smartphone.

Sebagaimana yang telah dilansir dari laman resmi Tech Crunch pada Senin, 23 Mei 2016 ini menyebutkan bahwa ide dari pembuatan Project Jacquard ini bermula dari sebuah dorongan upaya untuk dapat meningkatkan lagi keselamatan bagi pengguna jalan sepeda. Yang mana pada saat ini banyak sekali pengguna sepeda di jalanan khususnya di negara Amerika Serikat sibuk untuk bersepeda sambil memainkan ponsel yang mereka miliki. Hal inilah yang akan mengancam keselamatan mereka dijalan saat bersepeda.

Nantinya, dengan adanya jaket pintar ini maka pengguna tak perlu lagi kerepotan untuk dapat mengoperasikannya, pengguna jaket pintar hanya perlu memakai lengan kanan mereka untuk memberikan sebuah perintah. Hal inilah yang dapat dilakukan karena jaket sudah hadir dengan dilengkapi oleh adanya berbagai sensor gerak yang telah dibekali dalam jaket pintar tersebut.

Berkenaan dengan produksi jaket pintar ini, sayang sekali kedua belah pihak baik itu Google sendiri atau Levi’s masih belum mau untuk memberikan konfirmasi lebih jelas dan resmi apakah nantinya jaket pintar ini akan diproduksi secara massal atau hanya sedikit saja serta berapa harga yang dibanderol untuk setiap penjualan produk jaket pintar ini.

Hingga sejauh ini, diketahui bahwa bahan yang digunakan dalam pembuatan jaket ini adalah bahan yang dapat merasakan sentuhan dan tekanan. Jaket ini dibangun oleh Google dengan mengandalkan sebuah teknologi baru yang bernama Projec Jacquard yang telah merek umumkan pertama kali dalam sebuah konferensi pengembang Google ATAP pada tahun kemarin.

Rencananya, jaket ini bakal mulai dijual pada musim semi (sekitar Maret – Juni) 2017. Sedangkan versi beta jaket ini akan dilakukan pengetesan pada musim gugur (September-Desember) 2016.

Rupanya, jaket ini memiliki tiga komponen utama yakni jaket yang dilengkapi dengan sensor gerak sebuah label yang menghubungkan smartphone dengan bluetooth, serta aplikasi yang memungkinkan pengguna mengatur berbagai gerakan berbeda untuk perintah.

Share.