Inilah Cara Mengembalikan Pesan Yang Terhapus di WhatsApp

17
Nusantarapost.com Pengguna pesan singkat seperti WhatsApp saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna smartphone mengingat kemudahan dan kecepatannya dalam mengirim pesan berupa teks, gambar, suara video dan fitur lainnya. WhatsApp memang semakin berkembang dengan membawa berbagai fitur menarik andalannya dan aplikasinya yang ringan membuat banyak orang tertarik untuk memasang aplikasi ini di smartphone mereka.

Bagi pengguna WhatsApp mungkin tanpa sengaja atau tidak melakukan penghapusan atau delete pada suatu pesan di Chat WhatsApp, namun sewaktu-waktu kita ternyata membutuhkan pesan tersebut. Tentu hal ini akan membuat kita bingung bagaimana cara mengembalikan pesan tersebut, terlebih lagi jika ternyata pesan yang terhapus adalah pesan yang penting.

Tidak perlu khawatir, karena disini kami akan mengulas cara mengembalikan pesan chat yang terhapus dengan cara yang mudah. Anda bisa mengikuti dengan cara berikut :

Recorver Recent Chat
Sangat mudah untuk mengembalikan history chat yang kurang dari 7 hari, kamu hanya perlu uninstall WhatsApp, kemudian install kembali. WhatsApp akan membuat backup secara otomatis setiap hari pada jam 4 pagi dan data ini disimpan di kartu memori Android kamu. Ketika kamu menginstall WhatsApp kembali, akan muncul konfirmasi untuk restore history chat. Tap Restore dan semua history selama 7 hari terakhir akan kembali.

Recover Chat yang Lebih dari 7 Hari

History chat yang berusia lebih dari 7 hari sedikit lebih sulit untuk dilakukan dan bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara manual atau menggunakan web app.

Recover Chat WhatsApp Secara Manual :
Melalui file manager dari komputer kamu, buka folder Database di kartu memori : /sdcard/WhatsApp/Databases. Di dalam folder Databases, kamu akan menemukan beberapa file: file chat. Perhatikan bahwa nama file menggunakan format “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt”.Pertama, rename “msgstore.db.crypt” dengan menambahkan “OLD”, kemudian caru file sebelumnya, yang merupakan backup sebelum kamu menghapus chat history, kemudian rename menjadi “msgstore.db.crypt”.Keluar dari file manager, kemudian Uninstall dan install kembali WhatsApp. Pilih Restore ketika ditanya. File “msgstore.db.crypt” akan di-restore dan sekarang pesan atau chat kamu sudah kembali.Harap diingat bahwa melakukan restore dengan file sebelumnya berarti chat setelah backup dilakukan akan terhapus dan tidak ada cara mudah untuk menggabungkan data backup chat terbaru dengan yang lama.

Recover Chat WhatsApp Menggunakan Web Apps :
Cara kedua adalah menggunakan layanan bernama Recover Messages. Layanan online gratis ini membaca konten database file dan extract pesan yang ada.

Kunjungi websitenya dan pilih file database dari kartu memori di Android kamu, setuju dengan Syarat dan Ketentuan kemudian klik Scan.Lamanya proses scan tergantung dari ukuran file kamu. Setelah scan selesai, klik tab “Registers Recovered”. Cara ini lebih mudah dan cepat, namun tidak bisa mengembalikan chat history kamu ke aplikasi WhatsApp, hanya membacanya saja.

Mencari File Image, Video dan Audio yang Terhapus
Buka File Manager kemudian arahkan ke folder WhatsApp dan buka folder WhatsApp Audio, Images atau Video. Kamu juga bisa dengan mudah mengakses file melalui PC menggunakan koneksi USB.

Share.