Hati-Hati! Update Windows 10 Anniversary Mengancam Rusak Webcam

Hati-Hati! Update Windows 10 Anniversary Mengancam Rusak Webcam
Nusantarapost.com Di awal bulan Agustus ini, secara resmi Microsft memang telah merilis sebuah update Windows 10 Anniversary yang kini diklaim hadir dengan membawa sebanyak 200 pembaruan untuk berbagai fitur yang ada misalnya saja seperti Windows Hello dan peramban Edge. Akan tetapi, update tersebut belakangan ini dilaporkan telah menimbulkan masalah.

Berdasarkan informasi yang didapat dari The Verge pada Minggu, 21 Agustus 2016 telah menyebutkan bahwa beberapa pengguna Windows 10 telah melaporkan adanya kerusakan pada webcam komputer mereka setelah melakukan update Windows 10 Anniversary tersebut.

Disinyalir bahwa pembaruan Windows 10 versi Anniversay ini menghilangkan dukungan dua codec video yang banyak dipakai, yaitu H.264 dan MJPEG.

Hal yang diambil ini disebut untuk dapat meningkatkan performa dengan memberikan akses langsung ke webcam untuk aplikasi-aplikasi Windows tertentu.

Akan tetapi sepertinya, webcam dari pihak ketiga milik para pengguna Windows 10 ini banyak dilaporkan mengalami freeze, termasuk pada saat digunakan untuk streaming dengan aplikasi Skype untuk Microsoft sendiri.

Kemudian dalam sebuah pernyataannya, Microsoft pun secara tidak langsung mengakui apabila update tersebut memang sedang mengalami permasalahan sehingga muncullah laporan seperti itu.

“Kami mendapat sejumlah kecil laporan mengenai keganjilan yang muncul usai Update Windows 10 Anniversary,” sebut Microsoft dalam pernyataan itu.

“Para insinyur dan customer support sedang menyelidiki secara case by case dan menawarkan tips troubleshooting,” lanjut Microsoft.

Tak hanya di webcam saja, akan tetapi berbagai layanan dan aplikasi multimedia yang kini mengandalkan kedua codec berkaitan dengan laporan tersebut juga turut mengalami kerusakan.

Diketahui memang Windows 10 hadir dengan pembaruan pada berbagai fitur yang dimilikinya. Fitur baru Windows 10 yang paling ditonjolkan adalah Windows Ink Workspace.

Sesuai namanya, melalui fitur ini pengguna bisa melakukan berbagai hal seperti membuat notes, sketch, dan lainnya. Rangkaian fitur Windows Ink Workspace bisa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Penggunaan Windows 10 saat ini sudah marak terjadi, banyak pengguna laptop atau PC sudah beralih ke pembaruan sistem operasti terbaru dan teranyar versi terakhir dari Microsoft ini, tentu saja dengan melakukan pembaruan mereka ingin mendapatkan performa lebih baik bukan dengan kerusakan yang terjadi pada salah satu sektor.

Share.