Sukses Pokemon GO, Apple Raup Untung $39,3 Triliun

Sukses Pokemon GO, Apple Raup Untung $39,3 Triliun
Nusantarapost.comĀ Saat ini diketahui bahwa Pokemon GO telah berhasil menyihir sebanyak 21 juta orang bermain bahkan sampai kecanduan untuk terus menerus bermain game ini. Tentu saja hal tersebut memperkaya dan meningkatkan saham Nintendo sebagai pemilik game. Namun, siapa yang akan menyangka bahwa ternyata Apple juga tak luput mendapatkan untung uang cukup banyak dari maraknya game Pokemon GO ini.

Tak tanggung-tanggung, menurut perusahaan analis keuangan, Needham & Co memperdiksi bahwa Apple akan mendapatkan pendatana (revenue) yang cukup tinggi bahwak hingga $39,3 miliar atau jika disetarakan dengan uang rupiah adalah Rp 36 triliun dari Pokemon GO dan itu bisa didapatkan dalam kurun waktu satu sampai dua tahun kedepan.

Bagaimana bisa hal demikian terjadi? Uang tersebut ternyata didapat karena banyak gamers yang diperkirakan membeli PokeCoin langsung yang ada pada Apple Store.

Game Pokemon Go memang bisa dinikmati secara gratis, namun pemain bisa membeli PokeCoins untuk membuka berbagai fitur premium seperti item yang bisa mempermudah pemain mencari Pokemon, dan lain-lain. PokeCoins dijual dalam bentuk berbagai paket dan dibanderol dengan harga yang berbeda.

Hingga tanggal 18 Juli, Pokemon Go telah memiliki 21 juta pengguna aktif di Amerika Serikat sendiri. Pokemon Go juga telah dirilis di 35 negara sejauh ini dan tersedia juga di platform Android.

“Game Augmented Reality dari Jepang itu memang bisa diunduh secara gratis, namun pengguna iPhone bisa menggunaan PokeCoins untuk membeli fitur, atau item tambahan. PokeCoins bisa dibeli langsung di Apple Store,” ujar Laura Martin dari Needham & Co, seperti dikutip dari The Guardian.

Dijelaskannya, satu paket PokeCoins yang berjumlah 100 unit dihargai 99 sen di Apple App Store. Namun, harga itu bisa naik drastis menjadi US$99,99 untuk satu paket berjumlah 14.500 unit.

“Kami percaya, Apple akan mempertahankan sekitar 30 persen dari revenue Pokemon Go yang dimainkan di perangkat berbasis iOS,” kata Martin.

Diketahui bahwa untuk saat ini, game Pokemon GO telah memiliki tidak kurang jumlah pemain sebanyak 21 juta orang pengguna aktif game tersebut. Angka ini tentu merupakan jumlah yang cukup fantastis mengingat pula bahwa game ini baru saja dirilis selama dua minggu. Namun, penyebarannya sudah tersebar ke sebanyak 35 negara yang ada di dunia.

Martin pun juga mengungkapkan apabila rasio pengguna pembayaran digital yang ada di Pokemon GO juga telah diklaim 10 kali lipat lebih aktif jika dibandingkan dengan pemain Candy Crush. Bahkan menurut surveri yang dilakukan oleh Sensor Tower menyebutkan apabila pengguna aktif Pokemon GO pun juga telah menghabiskan waktu lebih lama bermain jika dibandingkan dengan melakukan aktifitas sosial media seperti Facebook dan WhatsApp yang sebelumnya diketahui ramai dikunjungi.

Share.