Segera Dirilis, Inilah Fitur Istimewa Yang Dimiliki Android N

265

Sumber : Google

Nusantarapost.com Tinggal menghitung hari lagi, Google akan secara resmi merilis sistem operasi terbaru dari Android yaitu Android N. Sudah banyak yang menantikan perilisan dari OS terbaru Google ini yang sudah pasti dinilai akan hadir bersama berbagai fitur baru menarik yang tentunya akan memberikan pengalaman baru untuk para penggunanya.

Lihat Juga : OnePlus 3 Diklaim Nyaman Digenggam, Inilah Spesifikasinya

Banyak orang menanyakan mengenai apa artinya dari kata Android N ini, sebagian ada yang beranggapan bahwa Android N adalah inisial dari Nutella, akan tetapi Google masih belum membenarkan mengenai anggapan mengenai pernyataan ini. Sehingga sampai saat ini masih banyak pertanyaan apa sebenarnya nama dibalik Android N ini.

Nah, untuk fitur Android N terbaru ini mungkin anda penasaran apa saja fitur yang dimilikinya? Disini kami berikan ulasan mengenai fitur-fitur baru yang dihadirkan pada Android N.

Inilah fitur baru pada Android N :

Multitasking

Multitasking atau Multi Window pada android N bekerja dengan sangat baik , untuk membelah layar Android N menjadi 2 kita hanya perlu menekan tombol task-switching , maka kita akan melihat 2 buah layar (atas dan bawah) dan kita juga bisa memilih aplikasi apa yang akan dijalankan pada layar atas dan bawah .

Fitur ini seperti multi-window yang dimiliki sistem operasi Windows 10 , pada sistem operasi Windows kita bisa berpindah dari aplikasi 1 ke aplikasi lain dengan menekan tombol Alt-Tab . Google menyebut fitur ini sebagai Quick Switch .

Notifikasi

Pada Android N , drop-down notification akan terlihat lebih simpel dan ringkas . Dengan menggunakan icon baru bernuansa flat-icon , ruang pada notifikasi terlihat lebih elegan dan simpel . Shortcut Pengaturan juga hanya akan tampil 1 baris , namun jika kalian ingin melihat semua pengaturan yang tersedia , maka kalian bisa menekan tombol panah kebawah untuk melakukan expand .

Kumpulan shortcut seperti Wifi , Data seluler , cahaya dan profil suara juga bisa kalian pindahkan posisinya sehingga kalian bisa memilih mana shortcut yang akan muncul pertama .

Kalian juga bisa mengatur intensitas notifikasi dengan menekan & tahan pada notifikasi yang baru muncul . Kalian bisa menghentikan sebuah aplikasi untuk terus mengirimkan notifikasi yang mengganggu pada smartphone kalian .

Pengaturan

Jika pada versi android sebelumnya pengaturan biasanya berada didalam sub menu , pada android N pengaturan yang sering kalian gunakan akan muncul langsung dihalaman depan bagian pengaturan .

Virtual Reality

Smartphone Dengan Android N terutama produksi dari Samsung, HTC, LG, Xiaomi, Huawei, ZTE, Asus, dan Alcatel memang sudah kompatibel dengan perangkat VR Daydream , meskipun tidak banyak fitur VR yang berpengaruh pada Android N , namun sudah tentu dengan Android versi terbaru , kita akan mendapatkan dukungan aplikasi dan perangkat eksternal yang lebih luas .

Google juga diketahui sedang mengembangkan VR Daydream agar kompatibel dengan YouTube, Google Street View, dan Google Photos. Dalam pengembangannya , VR Daydream juga dibantu oleh Netflix, Ubisoft, dan Electronic Arts .

Tema Pada Keyboard

Pada Android N , pengguna akan diberi keleluasaan dalam merubah tampilan keyboardnya . Kita bisa merubah warna , menghilangkan border pada setiap tombol , bahkan menggunakan gambar sebagai background keyboard .

Peningkatan Performa Android N

Setiap update baru pada Versi Android , google selalu meningkatkan performa dari sistem operasinya . Dan pada Android N google pun menyatakan bahwa sistem operasi ini akan terasa lebih gesit dan responsif karena Android N menggunakan graphics API bernama Vulkan . Vulkan juga sudah digunakan para developer dalam meningkatkan kualitas grafis pada PC gaming .

Android N juga menggunakan JIT compiler versi terbaru , yang memperbesar daya tahan baterai , memperkecil ukuran aplikasi hingga 50% dan mempercepat proses instalasi hingga 75 % .

Emoji Baru

Jika emoji pada android versi lama memiliki bentuk yang bulat , pada Android N kita akan menemukan emoji baru berbentuk seperi agar-agar / jelly atau lebih sering disebut sebagai blob . Emoji ini terlihat lebih simple dan seragam .

Selain itu google juga sedang mengembangkan emoji dengan menggunakan Unicode Consortium , guna mempresentasikan gender wanita dalam bentuk yang lebih universal lagi .

Share.