Tips dan Tirk Aman Terhindar Dari Cyber Crime Saat Berjelajah di Internet

10
Nusantarapost.com Sudah tak dapat dipungkiri bahwa dijaman yang serba teknologi ini banyak hal yang bisa kita lakukan secara online, sehingga akan mempermudah pekerjaan manusia baik dalam segi sistem informasi atau komunikasi lainnya. Namun, disisi buruknya semakin berkembangnya teknologi juga semakin membuat peningkatan pesat terhadap lahirnya para penjahat Cyber. Maka sebagai netizen tentunya kita haru memiliki kewaspadaan tingkat tinggi untuk melindungi diri dari penjahat cyber yang akan merugikan kita.

Salah satu tips dan trik aman untuk menjelajah internet dan bebas dari Cyber Crime adalah mengikuti trik yang diberikan oleh Symantec. Dalam gelaran media update mengenai laporan tahunan Symantec Internet Security Threat Report (ISTR) yang diadakan pada Selasa, 19 April 2016 di Jakarta, mengungkapkan jika di Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi sasaran dari para penjahat cyber. Hal tersebut dikaerenakan penetrasi internet di Indonesia yang kini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Sehingga membuat pendapatan per kapita stabil dengan jumlah masyarakat kelas menengh yang semakin mayoritas.

Kini ancaman yang datang dari cyber crime semakin meningkat, hal tersebut terlihat dari sebanyak 430 juta kumpulan malware yang berhasil terdeteksi. Hal ini mengartikan bahwa terdapat 1,179 juta malware baru tercipta setiap harinya. Dan jumlah ini meningkat sebesar 36 persen dari tahun sebelumnya,” tutur Director System Engineering Symantec Asean, Halim Santoso. Ada lebih dari setengah miliar data pribadi dicuri dan situs-situs populer juga ternyata rentan terhadap kemanan.

Tak hanya itu saja, dengan meningkatnya Ransomware yang membuat pengguna harus lebih hati-hati dalam memakai internet pasalnya malware ini bisa membuat semua data yang ada di perangkat pengguna bisa terkunci dengan kunci enskripsi. Untuk dapat membuka kuncu tersebut pengguna harus menembusnya dengan membayar uang. Hampir semua perangkat yang dipakai untuk internet terindikasi terancam malware berbahaya semacam ini, mulai dari sistem operasi windows sampai pada Linux.

Bahkan untuk smartphone hampir semuanya tidak aman baik itu Android maupun iOS teridentifikasi menjadi serangan ransomware.

Oleh karena itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai pencegahan yang dapat dilakukan perusahaan dan para konsumen untuk melindungi diri mereka sendiri dari serangan para penjahat cyber ini. Sebagai titik awal, Symantec merekomendasikan tips dan trik internet aman yang bisa berikut ini:

Persiapkan perusahaan Anda: Gunakan solusi-solusi canggih untuk mencegah ancaman dan musuh untuk membantu Anda menemukan indikator penyusupan dan merespon lebih cepat terhadap insiden.

Menerapkan postur keamanan yang kuat: Implementasikan keamanan endpoint berlapis ganda, keamanan jaringan, enkripsi, otentikasi kuat dan teknologi berbasis reputasi. Bermitralah dengan penyedia layanan keamanan untuk memperluas tim TI Anda.

Bersiap untuk menghadapi yang terburuk: Manajemen insiden memastikan kerangka keamanan Anda optimal, terukur dan berulang, dan pelajaran yang diambil bisa meningkatkan postur keamanan Anda. Pertimbangkan untuk menambahkan dukungan dari ahli pihak ketiga untuk membantu mengelola krisis.

Memberikan pelatihan dan pendidikan berkelanjutan: Bangun pelatihan berbasis simulasi untuk semua karyawan serta pedoman dan prosedur untuk melindungi data sensitif pada perangkat pribadi dan perusahaan. Secara teratur lakukan penilaian internal terhadap tim dan jalankan latihan-latihan untuk memastikan Anda memiliki keterampilan yang diperlukan untuk secara efektif memerangi ancaman cyber.

Share.