Kolaborasi Google dan Qualcomm Hasilkan Mobil Konsep Pintar

240

Sumber : Google

Nusantarapost.com Google telah menggelar sebuah ajang tahunan yang bertajuk Google I/O pada tanggal 18 hingga 20 Mei 2016 kemari. Dalam acara tersebut banyak produk baru Google yang diperkenalkan ke publik. Salah satu produk yang menarik adalah hasil kolaborasi Google bersama persahaan chipset ternama yaitu Qualcomm, lewat anak perusahaannya Qualcomm Technologies, Inc tersebut, Google dan Qualcomm menghadirkan sebuah mobil konsep.

Adanya kerjasama yang dibentuk ini adalah untuk membantu para produsen mobil dalam membuat suatu sistem hiburan yang memiliki tenaga dengan memakai Android sebagai sistem operasi dasarnya. Untuk dapat mempermudah penambahan layanan dan aplikasi yang bisa dikoneksikan ke internet.

Disaat yang sama pula, kedua perusahaan raksasa ini juga ingin memberikan pengalaman bagi pengemudinya untuk lebih aman dan intuitif. Tujuannya yaitu untuk mem[ercepat inovasi dalam mobil dengan pendekatan yang menawarkan keterbukaan, kustomisasi dan skala.

Fungsi-fungsi yang ada dari mobil konsep dimana telah didemokan oleh Google pada acara Google I/O tersebut memakai prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 820 Automotive untuk mobil-mobil dan hiburan di dalamnya yang terkoneksi dengan internet. Memiliki CPU yang didesain khusus serta dapat menghemat daya, GPU, model LTE X12 yang memiliki kecepatan Cat 12 serta memiliki kemampuan utnuk memperoses video yang lebih baik, prosesor andalan Qualcomm Snapdragon 810 Automotive juga memberikan solusi dengan skala yang sesuai untuk para produsen mobil yang terkoneksi, pintar dan awas.

Produsen mobil, pemasok dan pengembang otomotif juga dapat membuat solusi hiburan dalam mobil yang berbasis sistem operasi Android buatan Google dengan menggunakan Automotive Development Platforms (ADP) untuk prosesor Snapdragon 820A dan Snapdragon 602A yang diciptakan oleh Qualcomm. ADP yang dapat dibeli melalui Intrinsyc, akan memberikan akses ke dalam platform untuk pengembangan, percobaan, optimalisasi dan menunjukkan solusi hiburan generasi berikutnya.

Dengan menggunakan platform ini, OEMs, pengembang dan integrator sistem dapat secara signifikan mengurangi waktu dan risiko pengembangan software, dan memulai proses kualifikasi final untuk produksi software lebih awal.

Qualcomm Technologies dan Google akan mendemonstrasikan konsep Android dalam mobil yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 820A dalam Sandbox pada acara Google I/O hingga hari Jumat, tanggal 20 Mei.

Perkembangan teknologi yang kini semakin cepat tentu juga harus diimbangi oleh sumber daya manusia yang semakin terus ditingkatkan agar dapat seimbang dengan perubahan teknologi yang ada saat ini. Tentu dengan kehadiran suatu produk mobil konsep yang diluncurkan oleh kedua perusahaan raksasa yaitu Google dan Qualcomm diyakii akan membawa inovasi teknologi yang lebih menarik dan lebih canggih lagi untuk kehidupan.

Share.