Hari Kartini 21 April Menjadi Trending Topik di Twitter

594
Nusantarapost.com Di era yang serba teknologi ini, tak heran rasanya jika banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah karena bantuan teknologi. Banyak berbagai bentuk sosial media yang dijadikan tempat berbagi informasi, berita bahkan hanya hiburan semata yang tak kalah ramainya di gunakan oleh orang – orang dewasa ini. Twitter misalnya, merupakan tempat yang sering kali dijadikan sebagai ajang berbagi informasi, mengucapkan peringatan di hari-hari nasional atau hari tertentu dan banyak hal lain yang bisa di kicaukan di Twitter, contohnya saja untuk hari ini adalah hari Kartini.

Hari Kartini, diperingati pada tanggal 21 April di setiap tahunnya. Dan pada tahun 2016 ini, hari Kartini jatuh pada hari Kamis, 21 April 2016 berhasil menjadi trending topik yang banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter. Setidaknya di Twitter sendiri terdapat sebanyak lima hal terkait dengan Hari Kartini dan mengisi daftar trending topic di Twitter yaitu Selamat Hari kartini, #KartiniTerkiniSusiPudjiastuti, Cut Nyak Dien, Jepara, dan Kebaya.

Ucapan selamat Hari Kartini berhasil meramakan Twitter dengan jumlah kicauan sebanyak 52.200 kicauan per jam 10.00 WIB dan bisa lebih jika sekarang. Terdapat pula sebuah hashtag #KartiniTerkiniSusiPudjiastuti, mulai menjadi trending topic sejak pukul 09.00 WIB. Perempuan yang menjabat sebagai Menteri KKP ini memang dikenal sebagai sosok nyentrik, namun memiliki sejumlah terobosan selama menjalankan tugasnya.

Yang membuat menarik adalah para pengguna Twitter yang berkicau di Twitternya tersebut juga mengulas tentang Cut Nyak Dien, dimana belian juga merupakan sosok perempuan yang sangat berjasa selain Raden Ajeng Kartini.

Trending topic lainnya adalah Jepara dan Kebaya. dimana Jepara merupakan kota kelahiran dari Kartini, ayah Kartini pun kala itu juga merupakan seorang bupati Jepara, sedangkan Kebaya sendiri adalah pakaian yang pada hari ini dikenakan oleh perempuan Indonesia pada dalam rangka memperingati hari Kartini disetiap tahunnya, bahkan beberapa sekolah atau beberapa instansi pendidikan mengharuskan anak didik dan mahasiswa perempuan mereka untuk memakai pakaian kebaya khusus di Hari Kartini 21 April ini.

Mengulas sejarah, Raden Ajeng Kartini merupakan salah satu pahlawan wanita, dimana meskipun saat masa penjajahan dahulu ia tak ikut terjun langsung berperang untuk melawan penjajahan di Indonesia, namun jasa – jasanya terkenang karena niat dan keingingan kuatnya meningkatkan derajat kaum wanita yang kala itu lebih rendah dari pria. Emansipasi wanita digerakkannya, sehingga manfaat dari perjuanga Kartini terasa sampai saat ini dimana wanita memiliki kesetaraan derajat dengan pria terutamanya dalam dunia pendidikan.

Share.