Kumpulan DP BBM Peringatan Hari Kartini yang Jatuh 21 April

hari kartini
Nusantarapost.com Pada Minggu ke empat di bulan April, setiap tahunnya terdapat hari peringatan spesial yaitu Hari Kartini, dimana jatuh pada tanggal 21 April 2016 ini. Hari Kartini selalu menjadi hari peringatan besar bagi rakyat Indonesia, terutama para kaum wanita. Bahkan tanggal 21 April dijadikan hari peringatan nasional untuk Hari Kartini, tentu hal tersebut tak lepas dari jasa – jasa beliau selama masa penjajahan dulu.

Kartini merupakan anak dari keluarga bangsawan, kala itu ayanya adalah seorang bupati. Hidup serba kecukupan membuat Raden Ajeng Kartini dapat mengenyam pendidikan tingkat SD di masa penjajahan Belanda, diketahui memang pada masa penjajahan sungguh sulit bagi rakyat pribumi untuk dapat mengenyam pendidikan. Dengan semangat yang tinggi dan menggebu – gebu, Kartini memiliki cita-cita ingin meningkatkan derajat kaum perempuan lewat dunia pendidikan. Cita – cita tersebut sempat terhalang oleh berbagai rintangan. Kartini harus berhenti sekolah tidak dapat melanjutkan lagi karena adanya sebuah adat pingit, yang tidak membolehkan wanita keluar rumah sampai ia menikah.

Namun, meskipun begitu semangatnya untuk terus belajar tetapi tak kunjung padam, seiring dengan keinginan kuatnya dimana ia merasa miris melihat kaum hawa direndahkan oleh sang pria. Berkat perjuangan yang gigih Kartini akhirnya berhasil mendirikan sebuah sekolah yang khusus dibuka untuk pendidikan kaum hawa, hal tersebut baru terwujud setelah dirinya menikah, suaminya yang juga merupakan seorang bupati memberi dukungan penuh terhadap kegiatan Kartini ini. Namun sayangnya, perjuangan tersebut harus terhenti ketika ia meninggal dunia di usia 25 tahun setelah beberapa hari melahirkan anak pertamanya.

Seperti di ketahui , Kartini semasa jaman penjajahan memang tidak ikut bertarung di medang peran , namun memiliki peran besar untuk mengangkat derajat kaum wanita saat itu agar di sejajarkan dengan kaum pria terutama dalam hal memperoleh pendidikan.

Tanggal 21 dijadikan sebagai tanggal untuk memperingati Hari Kartini bersamaan dengan tanggal dimana Kartini dilahirkan, 21 April 1879, Kartini merupakan anak dari keturunan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat yang merupakan bupati Jepara saat ini. Dan ibunya bernama M.A. Ngasirah yang juga merupakan keturunan dari Kyai Haji Madirono salah satu tokoh agama di Jepara saat itu.

Dijaman yang serba canggih ini, banyak hal yang dapat digunakan untuk mengenang hari Kartini, selain biasanya diperingati dengan mengadakan berbagai lomba seperti pidato, puisi dan segala pakaian adat atau kebaya yang mengkhaskan tema tentang Kartini, sosial media pun tak kalah ramainya membicarakan peringatan hari Kartini.

Agar anda tak kalah dalam mengucapkan peringatan hari Kartini, ada banyak cara yang bisa anda lakukan, seperti halnya membuat DP BBM anda dengan tema tentang hari Kartini. Nah, disini kami sediakan DP BBM untuk memperingati Hari Kartini 21 April 2016 :

2 3 4 5 6 1

Share.