Bosnia : Hati-hati Bermain Pokemon GO di Ladang Ranjau Bosnia

Bosnia : Hati-hati Bermain Pokemon GO di Ladang Ranjau Bosnia

Nusantarpost.comĀ Apabila pada beberapa negara para pemain game yang kini sedang booming apalagi kalau bukan Pokemon GO hanya diperingati untuk tidak bermain dikala dalam keadaan sedang mengemudi kendaraan atau sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi, beda halnya dengan peringatan yang ada di Bosnia. Dimana warga Bosnia yang bermain game Pokemon GO ini dihimbau untuk tidak bermain di ladang ranjau.

Peringatan yang diberikan untuk para pemain game Pokemon GO di Bosnia ini memang sedikit berbeda. Para penggemar Pokemon Go di Bosnia diimbau agar berhati-hati saat memainkan permainan populer itu di dekat kawasan yang masih dipenuhi ranjau darat sisa perang pada 1990-an.

“Hari ini kami mendapatkan laporan bahwa beberapa pengguna Pokemon Go di Bosnia pergi ke tempat yang masih terdapat banyak ranjau yang belum meledak, hanya untuk mencari Pokemon,” kata LSM Posavina bez mina di halaman Facebook-nya.

“Warga diimbau untuk berhati-hati untuk menaati garis batas ladang ranjau berbahaya dan tidak masuk ke kawasan yang belum dikenal,” tambah LSM itu.

Diketahui bahwa hingga saat ini di Bosnia, masih terdapat sebanyak puluhan ribu ranjau yang masih ditanam dalam perang saudara yang terjadi sepanjang tahun 1992 hingga tahun 1995. Sekitar 2,3 persen wilayah bekas Yugoslavia ini masih dipenuhi dengan ranjau dan bahan peledak lain yang masih belum meledak hingga saat ini.

Berdasarkan data yang diketahui, terdapat kira-kira sekitar 550 ribu orang atau 1,5 persen dari populasi Bosnia yang tinggal di tempat dimana diyakini masih dipenuhi dengan adanya ranjau ini.

Sejak terjadi perang di Bosnia dan berakhir, ledakan ranjau juga telah menewaskan paling tidak sebanyak 600 orang dan 1.100 orang lainnya menderita luka-luka.

Saat ini para pemain Pokemon GO semakin melonjak, sehingga dengan semakin banyaknya para pemain ini menambah keseruan tersendiri ketika bermain terlebih lagi banyak saingan untuk mencari dan berburu monster kartun di dunia nyata dengan memakai smartphone mereka dan menjelajahi tempat-tempat tertentu yang disinyalir terdapat Pokemonnya.

Namun, tentu saja seperi game lain pada umumnya, pasti tak hanya memiliki sisi positif namun juga tentu diselingi oleh sisi negatif pula, kedua hal ini akan berjalan beriringan tergantung bagaimana kita bisa mengontrol permainan ini.

Pokemon Go juga memiliki dampak buruk bagi para pemainnya. Salah satunya adalah ketika para pemain berburu dan memasuki tempat-tempat tertentu yang dapat membahayakan diri.

Dan diketahui bahwa memang daerah Bosnia merupakan salah satu kawasan yang memperingatkan para pemain Pokemon Go untuk menghindari dan berkeliaran pada daerah yang masih ditaburkan ranjau darat sejak perang pada tahun 1990-an.

Share.