nowela

Nusantarapost.com – Nowela, Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2014, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk turut berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Membaca.

Pemilik nama lengkap Nowela Elizabeth Mikheila Auparay itu mengisahkan bahwa ia sempat mengecap pendidikan di tanah Papua.

Berdasarkan data pada 2013, tingkat buta aksara di Indonesia mencapai 3,07 persen dengan Papua sebagai salah satu daerah dengan persentase tertinggi.

Melihat kenyataan yang ada serta fakta bahwa tingkat buta aksara di Papua masih cukup tinggi, Nowela berkeinginan untuk membantu dan berbagi pengalamannya pada anak-anak di sana.

Caranya, Nowela akan mendonasikan hasil penjualan album #1 yang baru ia luncurkan untuk gerakan tersebut.

“Saya bekerja sama dengan Kemendikbud untuk membantu Gerakan Indonesia Membaca. Keuntungan penjualan album didonasikan ke gerakan tersebut. Selain itu, saya bekerja sama pula dengan Kompas Gramedia terkait hal itu,” tutur penyanyi berdarah Batak Papua itiu dalam peluncuran album perdananya di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Sebelum tergabung dalam Indonesian Idol 2014 pun dirinya pernah bergabung dalam sebuah aksi menyumbang buku untuk rumah baca di Papua.

Kini, sebagai figur publik, Nowela berkeinginan tak hanya membantu anak-anak di Papua, melainkan di seluruh Indonesia, dengan berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Membaca tersebut.

“Kalau selama ini saya bisa bantu adik-adik di Papua, sekarang bisa lebih luas. Saya rasa, peluncuran album saya sangat tepat untuk sosialisasikan hal itu,” ujarnya.

Ketika itu dirinya tengah ditemui dalam peluncuran album perdananya tersebut di kawasan Sarinah, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

Pemilik nama lengkap Nowela Elizabeth Mikheila Auparay tersebut sempat mengisahkan bahwa ia sempat mengecap pendidikan di tanah Papua.

Berdasarkan data pada 2013, tingkat buta aksara di Indonesia mencapai 3,07% dengan Papua sebagai salah satu daerah dengan persentase tertinggi.