drive

Nusantarapost.com – Akhirnya band Drive kembali dengan kumpulan karya yang dirangkum dalam album bertitel Essence of Life. Setelah penantian panjang selama 4 tahun akhirnya terwujud. Namun untuk proses pengerjaan, Budi Rajardjo, Adi Karno, Dygo Pratama, dan Tirta Adila hanya memerlukan waktu sekitar 5 bulan.

Setelah lama menghilang, grup band Drive akhirnya mengeluarkan album baru bertajuk Essence of Life. Album kelima itu sudah dirilis hari ini, Selasa (24/5).

Mereka mulai proses sejak Februari 2015 sampai Mei 2015. Dalam album tersebut terdapat 11 lagu yang terdapat track intro dan outro, yang menyambung dengan track terakhir.

“Nunggunya kurang lebih empat atau lima tahun. Tapi prosesnya 5 bulan. Ini inisiatif diri sendiri. Makanya jadi lebih cepat,” kata Budi di Hard Rock Cafe, kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (24/5).

Lebih lanjut drive mngungkap, album ini merupakan tanda 10 tahun berkarya serta kembalinya Drive ke kancah industri musik tanah air setelah merilis album Cahaya Terang pada tahun 2011 silam. Di album ini, Budi Dkk mengusung konsep musikalitas awal ketika mereka masih muda di industri.

“Konsep dari awal album ini punya kesegaran kaya album pertama. Dan album ini merupakan penggambaran perjalanan Drive yang sudah mencapai 10 tahun pada 25 November 2015,” kata Budi.

Kembali kepada musikalitas di album pertama, Drive tidak menghilangkan jati diri selama ini. Justru mereka merasa lebih segar ketika mengambil nuansa baru dalam album yang mengandalkan single Mungkin Dia Lelah dan Bahagia Untukmu.

“Ini album 5. Ini adalah suasana baru. Itu memberi warna yang lebih fresh. Karena saat kita bikin album emang beda banget. Tapi nggak ngilangin karakternya Drive,” tandas Budi.

“Seluruh instrumen direkam bersamaan kecuali vokal. Sistem ini sudah dilakukan untuk beberapa album sebelumnya,” kata Budi saat peluncuran album Essence of Life di Hard Rock Cafe, SCBD, Jakarta, Selasa (24/5).

Mengenai segi musik, album baru ini masih mengusung genre pop yang selama ini jadi ciri khas Drive. Sebelas lagu di album Essence of Life di-mixing Eko Sulistiyo dan Stephan Santoso.

Menandai 10 tahun berkarya, grup band Drive merilis album terbaru yang bertajuk Essence of Life. Momen ini juga digunakan Drive untuk memperkenalkan vokalis Tirta Adila.

“Alhamdulillah Drive akhirnya launching album kelima setelah terakhir 2005. Ini penanda 10 tahun Drive di industri musik Indonesia, sekaligus penanda vokalis baru juga,” ungkap gitaris Drive, Saleh Budi Rahardjo dalam jumpa pers peluncuran album Essence of Life di Hard Rock Cafe, Pacific Place, Jakarta Selatan, Selasa (24/5/2016).

Pemain bas Drive, Dyego, mengatakan bahwa album kelima mereka lebih memberi kesegaran dengan sentuhan nuansa musik yang baru.

“Bedanya ini album kelima, yang pasti musik dan nuansa baru, suasana lebih fresh, batasan kami bikin album enggak menghilangkan karakter musik Drive,” ungkap Dyego.

Album yang berisi 12 materi lagu ini berisi tentang pengalaman hidup para personel Drive selama 10 tahun bersama.

“Ya memang banyak hal yang kami lalui dari band ini, makanya kami namai Essence of Life, pengalaman hidup kami yang sudah kami lalui,” tutur Budi lagi.