083159800_1460337426-063_520037788

Nusantarapost.com- Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi terpaksa harus keluar dari lintasan setelah terjadi masalah di mesin motornya di sisa 15 lap GP Italia. Rossi yang bersaing ketat dengan rekan setimnya Jorge Lorenzo terlihat begitu terpukul tak bisa finis di seri ini. Apalagi, Rossi tampil di hadapan ribuan pendukungnya di sirkuit negara kelahirannya Mugello.

Dua Yamaha mendominasi race sejak start awal. Rossi yang start di posisi terdepan bersaing ketat dengan Lorenzo yang melakukan start sempurna dan memimpin balapan.

Persaingan ketat antara kedua pembalap tersaji setelah Rossi beberapa kali mencoba menyalip Lorenzo di lap-lap awal. Marc Marquez yang berhasil menyalip Vinales berada di urutan ketiga.

Setelah Rossi dipastikan out, dua pembalap Spanyol, Lorenzo (Yamaha) dan Marquez (Honda) menjadi yang terdepan memimpin balapan.

Hal berbeda dialami rekan satu timnya, Jorge Lorenzo. Pada balapan ini Lorenzo finis sebagai juara. Pembalap kebangsaan Spanyol itu memiliki catatan waktu tercepat, 41 menit 36,535 detik.

Selepas lomba, Rossi mengakui bahwa motornya punya masalah di bagian mesin. Hal tersebut sebenarnya juga dialami oleh Lorenzo. Namun juara MotoGP 2015 itu lebih beruntung sebab tidak mengalami masalah yang sama saat balapan dimulai.

“Saya pikir ada masalah di mesin kedua motor. Namun bedanya, Lorenzo merasakan itu ketika sesi pemanasan sedangkan saya mengalaminya saat balapan. Jeda waktu yang singkat membuat tim kami tidak sempat melakukan perubahan,” ucap Rossi yang dikutip dari Crash.

“Pada lap keenam, saya juga merasakan masalah di bagian kopling. Mungkin hal tersebut merupakan akibat dari kerusakan mesin yang dijelaskan tadi. Meski demikian, saya sudah berusaha. Saya gagal meraih apapun, tapi ada hal-hal yang bisa dipelajari pada akhir pekan kemarin. Sekarang saya menatap balapan berikutnya,” sambung pembalap berjuluk The Doctor tersebut. (Baca juga: Insiden Motor Mogok Bikin Valentino Rossi Trauma)

Karena kegagalannya ini, Rossi makin jauh dengan dua pesaingnya. Untuk sementara Rossi ada di posisi tiga dengan raihan 78 poin. Ia tertinggal 37 angka dari Lorenzo dan 27 angka dari Marc Marquez.