arteta2_5870159

Nusantarapost.com-  Eksodus pemain Arsenal ke Manchester City nampaknya akan berlanjut pada Premier League musim 2016/17 mendatang. Hal tersebut menyusul kabar semakin dekatnya Mikel Arteta menuju pintu gerbang Stadion Etihad.

Dikutip dari Marca, gelandang yang musim ini menjadi kapten utama Arsenal siap bergabung dengan Man City pada musim depan.

Kabarnya, transfer Arteta ini adalah atas perintah langsung dari pelatih baru City, Josep Guardiola. Pep disebut sangat menyukai pemain dengan karakter seperti Arteta. Pandai mengatur tempo dan melakukan penguasaan bola.

City tidak perlu mengeluarkan dana jika ingin membeli Arteta. Pasalnya pemain asal Spanyol ini kontraknya segera habis pada akhir bulan.

Jika memang jadi bergabung dengan The Citizen. Maka, Arteta akan mengikuti jejak beberapa pemain Arsenal lain yang memilih hijrah ke City. Beberapa di antaranya yakni, Emmanuel Adebayor, Samir Nasri, Bacary Sagna, dan Gael Clichy.

Arteta memulai karir sepak bolanya dengan bermain bersama Antiguoko. Di klub tersebut, dia juga berteman akrab dengan Xabi Alonso. Mereka sering menghabiskan waktu bersama untuk bermain sepak bola di akhir pekan pada saat itu.

Setelah melewati fase permainan di level junior, pemain yang lahir pada 26 Maret 1982 di San Sebastián ini memutuskan untuk bergabung dengan Barcelona. Namun, keberadaannya di tim masih belum mendapat perhatian lebih sehingga belum bisa membuatnya bermain bersama tim inti. Hingga pada akhirnya, Arteta dipinjamkan untuk bermain dengan Paris Saint-German di Liga Perancis pada tahun 2000.

Setelah itu, Arteta hengkang dari Barcelona dan memutuskan untuk merumput bersama klub yang berkompetisi di Liga Premier Skotlandia, Rangers. Bersama Rangers pula, Arteta membantu klub mengawinkan gelar jawara di kompetisi Scottish Cup dan League Cup di musim 2002-2003. Di saat itu pula, popularitasnya meningkat dan seketika menjadi pemain favorit oleh fans Rangers.

Mendapat kesuksesan bermain di Skotlandia selama 2 musim, Arteta kembli ke negara asalnya untuk bermain bersama Real Sociedad. Namun, dia belum berhasil membuat dirinya bermain untuk tim inti, bahkan Arteta dipinjamkan ke Everton di sisa musim 2004-2005. Arteta pun memilih untuk bergabung bersama Everton.

Arteta resmi bergabung dengan Everton pada Juli 2005. Gol pertamanya berhasil bersarang di gawang Crystal Palace dengan hasil akhir 4-0 dan memberi kemenangan untuk Everton. Di musim 2005-2006, Arteta menjadi pemain favorit, baik oleh fans maupun dari pemain Everton sendiri. Di musim berikutnya pun, performa Arteta semakin baik dan patut diacungi jempol. Dia sering menjadi Man of the Match di beberapa pertandingan. Hal ini membuatnya Player of the Match dua tahun berturut-turut.

Di musim-musim berikutnya, Arteta menjadi aset penting bagi klub. Berhasil mengoleksi 9 gol di musim 2006-2007, dan sekali lagi mendapat gelar sebagai Palyer of the Year.

Arteta sempat mengalami cedera di area perutnya di paruh musim. Setelah pulih, Arteta kembali bermaindan mencetak gol pertamanya di musim 2008-2009 di Liga Premier versus Blackburn Rovers dengan eksekusi tendangan bebas. Arteta juga pernah menjadi kapten tim saat melawan Newcastle United dengan skor imbang 2-2.

Arteta mengalami cedera lagi di lututnya yang memaksanya untuk tidak bermain hingga sisa musim 2008-2009. Arteta kembali bermain lagi pada Januari 2010, dimainkan sebagai pemain cadangan saat melawan Birmingham City.

Karena kondisi tim dan pemain Everton yang tidak cukup baik pada saat itu, pada tahun 2011, Arteta ditransfer dan bermain untuk Arsenal. Dia pernah menjadi kapten The Gunners di FA Cup dan menang malawan Leeds United. Kini, Arteta didapuk untuk menjadi wakil kapten di klub berlambang meriam tersebut.