lukaku_10011c1

Nusantarapost.com-  Penyerang Everton, Romelu Lukaku nampaknya sudah membulatkan tekadnya untuk hengkang dari Goodison Park akhir musim ini. Striker 23 tahun tersebut dikabarkan siap menjajal peruntungannya kembali di klub lamanya, Chelsea pada musim depan.

Dibeli Chelsea dari klub Belgia Anderlecht pada tahun 2011 silam, Lukaku minim mendapat kesempatan bermain di tim senior The Blues. Alhasil Jose Mourinho yang pada saat itu menjabat manajer Chelsea memilih untuk melepas sang pemain ke Everton setelah Lukaku menjalani satu musim masa peminjaman di Goodison Park.

Dengan terpuruknya prestasi Everton musim ini membuat Lukaku tengah mempertimbangkan hengkang pada musim panas nanti. Menurut laporan yang diturunkan Telegraph, Striker Timnas Belgia tersebut ingin menjajal peruntungannya sekali lagi dalam membela The Blues musim depan.

Salah satu faktor yang membuat Lukaku tertarik pindah ke Chelsea adalah kehadiran sosok Antonio Conte di kursi manajer Chelsea musim depan. Lukaku yakin bahwa ia bisa mendapatkan kesempatan bermain yang cukup besar di bawah pimpinan Conte dan ia percaya bisa menjadi striker yang lebih tajam di bawah asuhan mantan manajer Juventus tersebut.

Lukaku terbilang sukses menunjukkan performa impresif dan membuatnya menjadi incaran banyak tim besar Eropa. Salah satu dari tim tersebut adalah Anderlecht yang kemudian menariknya ke dalam tim untuk diturunkan di turnamen Belgian Pro League tahun 2006.

Performa impresif di lapangan terus ditunjukkan oleh Lukaku dan dianggap layak untuk bermain sebagai pemain profesional di usia 16 tahun. Ia menjadi top skorer di Belgia pada musim 2009-2010 saat berkarir dalam Anderlecht dan mengantarkan timnya menjuarai Belgian Championship.

Di samping itu, Lukaku juga mendapat penghargaan Belgian Ebony Shoe pada tahun 2011. Pada tahun 2011 Lukaku bergabung dengan tim yang bermain di turnamen Premier League, Chelsea, dan menandatangani kontrak lima tahun dengan manajemen tersebut. Di awal Januari 2014 Lukaku kembali dianugerahi penghargaan The Guardian sebagai salah satu dari sepuluh pemain muda paling berbakat seantero Eropa.

Di usia lima tahun, Lukaku bergabung dengan tim lokal Rupel Boom, sebuah tim Belgia yang bertanding di turnamen divisi ketiga. Setelah empat musim bermain untuk Rupel Boom, bakat dan kemampuan Lukaku menarik perhatian manajemen tim Lierse SK, sebuah tim Belgia yang berkompetisi di turnamen Belgian Pro League.

Striker kelahiran Antwerp ini pun bergabung dengan skuat muda Lierse SK. Dua tahun dihabiskan oleh Lukaku dalam klub tersebut sejak tahun 2004 sampai 2006, berhasil menyumbangkan 121 gol pada 68 pertandingan yang dimainkannya.

Setelah Lierse mengalami degradasi di klasemen turnamen Belgian Pro League, Lukaku pindah dari tim tersebut dan bergabung dengan Anderlecht dan bermain selama tiga tahun di skuat muda dan mencetak 131 gol pada 93 pertandingan.

Setelah tiga tahun bermain di skuat muda Anderlecht, pada Mei 2009 Lukaku menandatangani kontrak dengan masa kerja tiga tahun sebagai pemain profesional untuk Anderlecht. Sebelas hari setelah penandatanganan kontrak, Lukaku mengawali debutnya dengan bermain pada turnamen Belgian First Division melawan Standard Liege.

Pada pertandingan tersebut Lukaku diturunkan dari bangku cadangan pada menit ke 69 untuk menggantikan Victor Bernardez. Gol pertamanya sebagai pemain profesional dicetak pada pertandingan melawan Zulte Waregem setelah diturunkan pada menit 69 untuk menggantikan Kanu.

Pada Agustus 2011 Lukaku bergabung dengan Chelsea setelah menyepakati harga transfer sebesar €12 juta. Lukaku diberi nomor punggung 18 dan menandatangani kontrak lima tahun dengan manajemen tim Premier League tersebut.

Debutnya untuk Chelsea adalah pada pertandingan melawan Norwich City, dimana ia diturunkan pada menit ke 83 untuk menggantikan Fernando Torres. Diturunkan di sepuluh pertandingan untuk Chelsea, Lukaku kemudian bergabung dengan West Bromwich sebagai pemain pinjaman untuk jangka waktu yang lama.

Pada tahun 2013 Lukaku mengaku pada media bahwa ia masih ingin bergabung dengan West Bromwich dan menjadi bagian dari sejarah tim tersebut. Namun oleh manajemen Chelsea keinginan tersebut tidak dikabulkan karena pada musim berikutnya Lukaku dipinjamkan ke Everton.

Meski demikian, Lukaku mampu menjadi top skorer tim pada turnamen Premier League musim 2012-2013 dan menduduki peringkat ke enam top skorer selama musim tersebut dengan 17 gol yang berhasil dicetaknya.

Pada hari terakhir masa transfer musim panas 2013, diumumkan bahwa Lukaku akan menjadi pemain pinjaman lagi dan kali ini bergabung dengan Everton. Debutnya untuk tim asal Merseyside tersebut diawali dengan bermain pada pertandingan melawan West Ham United dan mencetak satu gol yang mengantarkan timnya menang dengan skor akhir 3-2.