Arda-Turan-IniMedan-728x400

Nusantarapost.com- Barcelona disebut siap mendengar tawaran apapun yang masuk untuk Arda Turan, usai sang pemain hanya tampil sembilan kali sebagai starter di musim ini, menurut The Mirror.

Tim Catalan menghabiskan tak kurang dari 34 juta euro untuk membeli sang pemain dari Atletico Madrid di musim panas.

Namun demikian, Turan baru bisa mencatat debut di Januari, lantaran Barcelona masih terikat hukuman embargo transfer FIFA. Sejak saat itu, terlihat bahwa gelandang Turki gagal menunjukkan performa yang sama impresifnya seperti kala ia masih bermain di Vicente Calderon.

Total ia hanya bermain selama 816 menit di La Liga dan kesulitan masuk tim inti. Luis Enrique tampak enggan memainkannya dengan posisi yang lebih melebar di lini depan, seperti yang biasa ia mainkan di Atletico dulu.

Arsenal dan Manchester United, yang dulu sempat tertarik pada sang bintang, diperkirakan bakal coba mengejar lagi tanda tangan pemain berusia 29 tahun, namun Turan juga mendapat tawaran menarik dari Turki, Tiongkok, dan Timur Tengah.

Barcelona bakal coba menimbang penawaran terbaik, yang bisa membuat mereka mendapatkan kembali investasi yang mereka keluarkan untuk sang pemain musim panas lalu.

 

Pemain kelahiran Istambul, 28 tahun yang lalu adalah sosok pemain sepakbola asli didikan klub Galatasaray. Turan tergabung dalam skuat muda Galatasaray sejak usia muda, sebelum awalnya menimbah ilmu disebuah klub kecil bernama Altintepsi Makelspor. Hingga nasib baik datang ke Turan, dimana dia berhasil masuk dalam skuat senior Galatasaray di musim 2004/05.

Perjalanan Turan di Galatasaray mengalami pasang surut, ketidakpastian dia dalam mendapatkan tempat utama membuat nama Turan menjadi salah satu pemain yang dipinjamkan ke klub lain. Turan pun resmi dipinjamkan ke Manisaspor di tahun 2005/06 demi mendapatkan jam terbang bermain. Berakhirnya masa peminjaman, Turan kembali ke Galalatasaray sebagai opsi masuk ditim utama.

Pilihan Galatasaray pun terbilang tepat, dimana Turan berhasil menunjukkan sikap baik diluar maupun didalam lapangan, telah membuat nama Turan terpilih sebagai kapten tim. Hal itu langsung dibayar oleh penampilan apik Turan selama membela Galatasaray dengan berbagai gelar liga domestik. Lewat penampilan impresifnya selama berseragam klub Turki tersebut.

Telah membuat klub asal Spanyol, Atletico Madrid rela menggelontorkan dana sebesar 19 juta Euro untuk mendapatkan Turan dari Galatasaray. Tepatnya pada tanggal 9 Agustus 2011, Turan resmi diperkenalkan didepan ribuan fans setia Atletico Madrid dan menjadikan nama Turan masuk rekor sebagai pemain termahal yang hijrah keluar Turki.

Tidak butuh waktu lama untuk Arda Turan yetel dengan Atletico Madrid, di musim pertamanya dia sukses menjadi pilihan utama tim dan selalu tampil reguler. Gaya bermain yang tak kenal lelah, mampu dia konversikan sebagai kado manis untuk klub dengan raihan beberapa gelar, diantara nya gelar La Liga dan gelar Super Cup 2012 UEFA. Namun masa indah Turan bersama Atletico Madrid harus berakhir dimusim 2015, dimana dia secara mengejutkan tidak memperpanjang kontraknya bersama Atletico dan lebih memilih menerima tawaran kontrak baru bersama FC Barcelona.