Alberto Moreno

Nusantarapost.com- Eks Liverpool, Michael Owen, mengkritik performa minor yang ditampilkan bek asal Spanyol, Alberto Moreno, pada laga final Liga Europa di Stadion St Jakob Park, Basel, Swiss, Rabu (18/5/2016) waktu setempat.

Pada babak pertama, tepatnya menit ke-35, Liverpool sempat memimpin 1-0 berkat torehan gol Daniel Sturridge. Keunggulan itu bertahan hingga jeda.

Namun, memasuki babak kedua, keadaan berubah. Sevilla sanggup membalikkan kedudukan menjadi 3-1, melalui Kevin Gameiro (menit ke-46) dan Coke (64′ dan 70′).

Sevilla pun akhirnya merengkuh gelar Liga Europa untuk yang kali ketiga secara beruntun.

Moreno yang dikenal sebagai bek kiri andalan Liverpool, menjadi sorotan utama dalam kekalahan timnya. Pemain 23 tahun itu dinilai bertanggung jawab atas terjadinya gol pertama Sevilla.

Saat itu, Moreno melakukan sundulan yang mengarah kepada pemain Sevilla. Bola pun kemudian diberikan kepada Gameiro dan dituntaskan dengan mudah ke gawang Liverpool.

“Ketika Anda bermain melawan tim papan atas Eropa, Anda tak boleh melakukan kesalahan kecil, apalagi tiga atau empat kesalahan dalam satu babak,” ujar Owen, seperti dikutip dari BT Sport..

“Moreno membuat Liverpool gagal malam ini. Tak perlu ditutupi lagi, dia penyebab kekalahan Liverpool,” kata Owen.

Hal senada juga diungkapkan oleh legenda Liverpool lainnya, Steve McManaman. Ia menilai permainan Moreno tergolong ceroboh.

“Saya tahu dia ingin menyerang dan itu bagus. Namun, dia adalah seorang bek kiri. Tugas utamanya adalah bertahan. Seharusnya dia mendapatkan bola, bertahan, membuang bola, dan berada di posisi yang benar,” ucap McManaman.

Moreno merupakan mantan pemain Sevilla. Bersama klub asal Andalusia itu, Moreno berjasa memenangi trofi Liga Europa musim 2013-2014.

Setelah itu, pada Agustus 2014, Moreno meninggalkan Sevilla dan bergabung ke Liverpool dengan banderol 12 juta poundsterling (Rp 236 miliar).

Dengan kegagalan menjuarai Liga Europa, Liverpool pun dipastikan tidak berkompetisi di pentas Eropa musim depan. Sebab, pada Premier League musim ini, Liverpool hanya finis di urutan ke-8.

Pekerjaan Kloop semakin banyak ketika para pemain bintangya seperti Phillipe Coutinho,Lallana atau juga kiper Liverpool Mignolet ini karena mereka sudah bosan dengan prestasi the Reds yang tak kunjung membaik dan kembali tidak bisa berpartisipasi di Liga Champions musim depan yang merupakan patokan dari sukses tidaknya tim tersebut di musim sebelumnya