Nusantarapost.com- Duta Besar Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema menilai Perdana Menteri (PM) baru Australia Malcolm Turnbull dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia. Tahun lalu, wisatawan Australia ke Indonesia mencapai 1,1 juta, tapi tahun-tahun berikutnya akan semakin bertambah dengan wilayah Indonesia Timur menjadi daya tarik baru, selain Bali

Penyelenggaraan Indofest di Adelaide’s Cultural Precinct, Australia Selatan tahun lalu, merupakan festival tahunan terbesar Indonesia di luar negeri. Indofest yang kali ini digelar pada musim semi itu menandai harapan baru bagi dua negara bertetangga yang sangat dekat dan  punya sejarah serta kebudayaan yang berbeda.

Menyikapi naik-turun hubungan kedua negara, upaya membangun dialog, bermitra, dan saling mengisi di berbagai bidang menjadi pilihan terbaik buat Indonesia dan Australia. Sehubungan dengan hal tersebut, Gubernur Australia Selatan Hieu Van Le AO mengatakan hubungan kuat yang terus terbangun antara Australia dengan Indonesia dapat meningkatkan kerja sama.

“Kerja sama yang dibangun itu meliputi sektor kebudayaan, pendidikan, ekonomi, dan bergairahnya iklim investasi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Adelaide Martin Haese memberikan penekanan pada pentingnya integrasi budaya masyarakat Adelaide yang dikembangkan melalui kerja sama kebudayaan sebagaimana dijalin antara Australia-Indonesia.

Didampingi istrinya yang mempunyai darah Indonesia, Martin mengapresiasi digelarnya Indofest yang setiap tahunnya melibatkan masyarakat bawah kedua negara yang berkolaborasi dan satu sama lain saling mengenal serta merekatkan kebudayaan.

Indofest sekaligus melengkapi perayaan tahunan budaya internasional di Adelaide, OzAsia Festival, yang telah berlangsung 24 September sampai 4 Oktober dan tahun ini mengambil fokus Cultural Delights of Indonesia. Dijamin akan lebih seru. Nantinya kedua festival tersebut disuguhkan tari, teater, musik, dan lukisan dari artis-artis Indonesia serta beragam makanan serta ekpresi kebudayaan Indonesia lainnya, seperti angklung dan gamelan.

Seorang pengunjung, Geoff Penhall, yang hampir setiap tahun menghadiri Indofest mengungkapkan bahwa kegiatan yang memamerkan bentuk-bentuk kebudayaan dari Aceh sampai Papua sudah menjadi milik komunitas Indonesia-Australia di Adelaide loh. Hebat ya Indonesia! Yup, Indofest menjadi ruang yang efektif dalam mempromosikan Indonesia ke masyarakat Australia.