771460146574

Nusantarapost.com- Dani Pedrosa punya dua opsi untuk masa depannya, yang menjadi sumber gosip MotoGP terpanas saat ini, dan nyaris bisa dipastikan pembalap Repsol Honda itu akan mengumumkan keputusannya di sela-sela Grand Prix Italia di Mugello pekan depan.

Versi pertama gosip terkait Pedrosa adalah dia akan pindah ke Yamaha, seperti diberitakan media Inggris MCN. Sebetulnya bukan rahasia lagi bahwa incaran utama Yamaha adalah Maverick Vinales. Namun surat kabar terkemuka Spanyol, El Pais, mengatakan Suzuki menolak melepas Vinales ke Yamaha.

Kontrak Vinales memang selesai akhir tahun ini, namun ada klausul dalam kontrak bahwa Suzuki punyak hak menolak tawaran tim lain dan hak tersebut telah digunakan, bunyi berita El Pais. Karena itu, Pedrosa menjadi pilihan Yamaha berikutnya karena salah satu pembalap tim yang disponsori Movistar itu disebut-sebut harus berasal dari Spanyol.

Versi kedua, suratkabar besar Spanyol lainnya, La Vanguardia, memberitakan bahwa Pedrosa akan dipertahankan oleh tim Repsol Honda. Pihak Honda Racing Corporation diyakini telah mengikat Pedrosa dengan kontrak dua tahun lagi.

Negosiasi kontrak Pedrosa ini dipercepat karena memuncaknya rumors tentang pendekatan Yamaha. Kalau benar demikian, maka Yamaha bisa gagal mendapatkan pengganti berpengalaman untuk Jorge Lorenzo yang akan pindah ke Ducati musim depan. Vinales dibentengi Suzuki, Pedrosa ditahan Honda.

Ia mulai debut balap grandprix motor pada tahun 2001 di kelas GP 125 cc bersama tim Telefonica Movistar Honda JR, dan meraih posisi ke 8 klasemen akhir. Tahun 2002 ia membalap di tim yang sama dan meraih juara 3 dunia GP 125 cc. Di musim balap 2003 bersama tim Telefonica Movistar Honda JR, ia merebut juara dunia GP 125cc dengan poin 223.

Pada tahun 2004 ia pindah ke kelas 250 cc dan bergabung dengan tim Telefonica Movistar Honda 250, dan langsung merebut juara dunia GP 250cc. Tahun 2005 ia kembali mendominasi balapan dan mempertahankan gelar juara dunia GP 250 cc. Di musim balap 2006 ia naik ke kelas MotoGP dan membalap untuk tim Repsol Honda, bersama pembalap Amerika Nicky Hayden sampai musim 2008 dan Andrea Dovizioso pada musim 2009. Pada tahun 2012, ia bersama Casey Stoner di tim Repsol Honda dan tahun 2013 hingga 2016 bersama pembalap Marc Marquez.