_85536554_mourinho_dismay_getty

Nusantarapost.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, melontarkan wacana yang mengejutkan awal pekan ini. Imam berniat mendatangkan pelatih kelas dunia Jose Mourinho untuk menukangi tim nasional Indonesia.

Wacana tersebut dilontarkan Imam usai berdiskusi dengan presiden Indoensia, Joko Widodo dan Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI), Erick Thohir. Selain Mourinho, Indonesia juga mengincar manajer Chelsea, Guus Hiddink. Imam mengakui, rencana mendatangkan Mourinho bukan perkara mudah. Gaji pelatih kelas dunia dengan prestasi mengkilap itu sudah pasti mahal. Imam mentaksir gaji Mou sebesar Rp250 miliar.

Sontak, kabar ini bikin heboh. Tidak hanya di Indonesia, media di dunia juga turut memberitakan ‘ide gila’ Imam Nahrawi. “Jose Mourinho jadi target Indonesia yang sedang disanksi FIFA,” tulis laman Inggris, Daily Mail.

Beberapa media asing lain juga turut memberitakan ‘ide gila’ Imam ini. Seperti Goal.com, Newsweek.com, BBC.co.uk, Dailystar.co.uk, FourFourTwo.com hingga The Indian Express.
Menariknya, urusan mendesak yang sebenarnya harus segera dilakukan Imam bukanlah mengurusi posisi pelatih timnas, melainkan segera mencabut SK Pembekuan PSSI. Apalagi FIFA sudah memberikan tenggat waktu.

Federasi Sepakbola Dunia itu memberikan waktu SK Pembekuan PSSI dicabut sebelum 13 Mei 2016 atau ketika FIFA menggelar Kongres Biasa di Meksiko. Itu jika Indonesia ingin FIFA mencabut sanski mereka.

Itu yang coba ditegaskan laman Times Lives yang menulis judul berita, “Indonesia, yang masih kena sanksi FIFA, inginkan Jose Mourinho sebagai pelatih kepala timnas”

Namun sebenarnya jika menelisik lebih dalam lagi Indonesia sebenarnya sempat punya pelatih-pelatih jempolan di antaranya bahkan merupakan pelatih yang sudah malang melintang di persepepakbolaan eropa. ada nama nama seperti Ivan Kolev hingga Wim RIsjberger yang merupakan mantan pemain andalan timnas belanda saat itu Wim sebutan akrabnya merupakan sahabat dari legenda Belanda yang tersohor dan sekaligus pencetus era sepak bola moderen Johan Cryyuf, di masa ke pelaihannya Wim sudah malang melintang di persepakbolaan belanda saat itu termasuk membesut Ajax Amsterdam di musim 1997.

jika benar benar Mourinho akan melatih Timnas maka ini akan menjadi sebuah kesuksesan terbesar Timnas terlepas sukses atau tidaknya dia nanti di Timnas