manchester-united_20160323_020720

Nusantarapost.com- Man United Tumbang Dramatis di Pesta Perpisahan West Ham dan Boleyn Ground Laga tunda Premier League mempertemukan West Ham melawan Manchester United. Pertandingan yang digelar pada hari Rabu (11/05) ini menjadi laga terakhir West Ham di Boleyn Ground (Upton Park) sebelum pindah ke Olympic Stadium.

Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi. West Ham unggul lebih dulu lewat Diafra Sakho sebelum kemudian Anthony Martial membalik kedudukan lewat dua golnya pada babak kedua. Namun gol dari Michail Antonio dan Winston Reid memastikan West Ham menang dalam laga terakhir mereka di Upton Park.

Pertandingan sempat ditunda karena bus tim Manchester United dilempari botol dan berbagai benda lainnya. Namun laga perpisahan West Ham dengan Boleyn Ground ini bisa tetap digelar dengan meriah.

Dukungan fans yang luar biasa membuat West Ham tampil penuh semangat. Laga baru memasuki menit kesepuluh, West Ham sudah mencatatkan keunggulan lewat Diafra Sakho.

Lewat serangan dari sayap kiri yang melibatkan Creswell dan Lanzini, Sakho mendapat bola di depan kotak penalti. Tendangan Sakho berbelok setelah membentur kaki defender Man United dan mengecoh david De Gea. 1-0 untuk West Ham.

West Ham terus menekan tim tamu. Andy Carroll bahkan sempat mendapatkan kesempatan emas. Ia menguasai bola sendirian, dengan ruang yang luas dan tinggal berhadapan dengan David De Gea saja. Namun tembakan Carroll mengarah tepat ke De Gea dan tak bisa berbuah gol.

West Ham bahkan mencetak gol lewat Michail Antonio beberapa menit kemudian. Namun asisten wasit menganulir gol tersebut lantaran bola dianggap sudah keluar dari lapangan lebih dulu. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 1-0.

Pada babak kedua, Louis van Gaal memasukkan Carrick untuk menggantikan Schneiderlin. Man United dipaksa bermain lebih agresif dan hasilnya langsung terlihat. Kerjasama Marcus Rashford dan Juan Mata sukses mengalirkan bola kepada Anthony Martial yang tinggal dengan mudah mengarahkan bola ke gawang dengan tap in.

West Ham seperti tersentak. Mereka kembali menyerang dan peluang pun diciptakan lewat Dimitri Payet dan Diafra Sakho. Andy Carroll juga punya peluang lewat heading yang diselamatkan dengan brilian oleh Anthony Martial.

Terus menyerang, West Ham justru kebobolan lewat serangan balik pada menit ke-72. Rashford mengalirkan bola ke kaki Martial yang menyisir di sisi kiri. Martial lalu menusuk ke kotak penalti dan sukses menjebol gawang West Ham untuk kali kedua, memanfaatkan kesalahan positioning kiper lawan.

West Ham segera bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-76. Tembakan bebas Payet sempat membentur tembok pertahanan, tapi bola kemudian kembali ke kakinya. Payet lalu mengirim bola ke ke depan gawang. Antonio menyundul bola ke pojok gawang yang tak bisa dijangkau De Gea.

West Ham bahkan berbalik unggul pada menit ke-80 lewat Winston Reid. Lagi-lagi Payet mengirim umpan brilian ke depan gawang yang diselesaikan dengan bagus oleh Reid. Skor 3-2 bertahan sampai akhir, menjadi penutup yang indah bagi West Ham dan Boleyn Ground.

Hasil ini membawa West Ham ke posisi enam klasemen sementara. Sementara itu, kekalahan ini membuat harapan Man United untuk lolos ke Liga Champions musim depan menjadi tipis.

Statistik West Ham vs Manchester United:
Penguasaan bola: 41% – 59%
Shot (on goal): 20 (6) – 3 (2)
Pelanggaran: 6 – 18
Offside: 1 – 2
Kartu kuning: 1 – 3
Kartu merah: 0 – 0

Susunan pemain West Ham: Randolph; Antonio, Reid, Ogbonna, Cresswell; Payet (Valencia, 90′), Noble, Kouyate, Lanzini (Obiang, 84′); Sakho (Tomkins, 85′), Carroll.

Susunan pemain Manchester United: De Gea; Valencia (Januzaj, 87′), Smalling, Blind, Rojo; Herrera (Lingard, 82′), Schneiderlin (Carrick, 46′); Mata, Rooney, Martial; Rashford.