khitan

Nusantarapost.com – Khitan adalah penghilangan kulup pada ujung kepala kemaluan lelaki, khitan pertama kali dilakukan pada zaman nabi Ibrahim kemudian sudah menjadi tradisi sampai sekarang dan menjadi sesuatu yang disunnahkan. Banyak anak maupun orang dewasa yang dikhitan karena alasan agama maupun karena alasan kesehatan. Pada umumnya khitan dilakukan ketika sudah mendekati masa baligh atau masa puber antara umur 10 – 15 tahun, kalaupun dilakukan dibawah ataupun diatas umur 10-15 tahun tidak masalah karena setiap daerah memiliki tradisinya masing-masing. Apa sih manfaat dari khitan atau sunat? dan kenapa harus dikhitan? berikut adalah alasan pentingnya khitan untuk kesehatan:
1. Mencegah kanker
Kebersihan alat vital sangatlah penting loh karena apabila kebersihannya tidak terjaga maka akan menimbulakan banyak bakteri. Dengan melakukan khitan atau sunat kebersihan alat vital dapat terjaga sehingga dapat mengurangi resiko kanker terutama kanker serviks pada istri anda.
2. Mencegah peradangan
Apabila seseorang sudah melakukan khitan maka kebersihan dan kelancaran dalam buang air kecil dapat terjaga dengan baik, sehingga tidak menimbulkan peradangan pada saluran kemih anda.
3. Mengurangi resiko infeksi saluran kemih
Jika anda sudah melakukan khitan apabila buang air kecil menjadi lancar dan yang terpenting tidak ada sisa air seni yang menempel pada kulup. Berbeda dengan yang belum melakukan khitan, sisa air seni masih tersisa didalam kulup yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit seperti infeksi saluran kemih.
4. Mengurangi resiko penyakit menular
Seseorang yang sudah dikhitan maka kebersihan alat vitalnya sangat terjaga sehingga tidak menimbulkan penyakit menular ketika melakukan hubungan suami-istri.
Itulah 4 alasan kenapa anda harus malakukan khitan atau sunat. Bagaimanapun juga khitan adalah hukumnya sunnah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan sebagai bentuk rasa taat kepada-Nya yang dapat bernilai ibadah. Terimakasih..