Nusantarapost- Sulawesi Utara boleh jadi destinasi traveling yang masih asing di telinga para traveler di kota-kota lain. Tapi kalau menyebut Bunaken, sebagian besar orang pasti tahu kalau tempat itu adalah salah satu wisata tercantik di dunia. Nah, sayangnya keelokan Bunaken sering membuat orang-orang lupa pada berbagai destinasi menarik yang juga layak dikunjungi di Manado dan sekitarnya.

Tempat-tempat indah itu memang masih jarang untuk diketahui. Sebut saja, salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken-Manado adalah Pulau Siladen. Pulau imut yang luasnya hanya sekitar 31 ha ini punya potensi wisata yang gak kalah dengan Pulau Bunaken, loh. Siap-siap aja terkagum-kagum dengan kehidupan bawah lautnya yang menakjubkan.

Yang menarik, kalian bisa menyapa kawanan lumba-lumba yang seringkali tampak penasaran dan berenang mendekati kapal-kapal para wisatawan yang lewat.

Tidak hanya itu. Sosok bukit menjulang gagah sekitar 10 mil dari bibir pantai Manado yang biasa disebut Pulau Manado Tua. Pulau yang membentuk gugusan di TN Bunaken-Manado.  Itu destinasi yang sangat menakjubkan untuk disaksikan. Pulau Manado Tua sendiri juga menarik dijelajahi. Tidak hanya pantai saja, kalian juga bisa menjelajahi hutan lindung, makam raja-raja serta naik ke puncak bukitnya untuk melihat panorama langit dan laut yang dipisahkan cakrawala.

Buat kalian yang gemar kegiatan arung jeram, kalian wajib datang ke Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Minahasa. Disana ada tiga rute arung jeram yang bisa kalian lalui dengan waktu tempuh 20 menit, satu jam atau dua jam. Kalian akan diajak menyusuri sungai dengan tingkat kesulitan grade III yang memiliki jeram-jeram menantang sekaligus menikmati keindahan kaki Gunung Klebet.  Pokoknya dijamin liburan ke Bunaken akan sangat menyenangkan. Tempat ini menyajikan ekologisebagai kawasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat  dan Papua-Australia di sebelah Timur. Wah seru bukan?