komedo

Nusantarapost.com – Komedo yang tak kunjung hilang, kadang membuat kita merasa risih dan tidak percaya diri. karena komedo ini menimbulkan bintik hitam atau putih pada area hidung, wajah dan sekitar dagu, walaupun komedo tidak berbahaya namun bisa memicu timbulnya masalah jerawat diwajah.
Umumnya komedo bisa disebabkan karena terjadinya penyumbatan pori-pori oleh kotoran dan kelenjar minyak yang berlebihan. Akibatnya akan muncul tonjoaln putih kecil atau bintik hitam, ada dua jenis komedo yaitu komedo terbuka dan komedo tertutup. Untuk menghilangkannya anda harus mencoba beberapa resep dibawah ini:
1. Lemon
Caranya dengan mengiris buah lemon kemudian usapkannya pada area komedo maupun keseluruh wajah, lakukan ini 2-3 kali seminggu.
2. Putih Telur
Oleskan putih telur diarea komedo atau seluruh wajah, diamkan 10-15 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air hangat.
3. Pepaya, Madu, dan susu
Campurkan madu dan susu kedalam pepaya yang telah dihancurkan (ditumbuk halus). Jika sudah aduk samapi merata lalu oleskan pada wajah dan diamkan hingga kering, setelah itu bilas hingga bersih.
4. Lidah Buaya
Selain menjaga kesehatan rambut, lidah buaya ternyata juga dapat menghilangkan komedo. Caranya yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada area komedo, setelah itu diamkan selama 10-15 menit. Langkah terakhir yakni membilas wajah dengan air bersih.
5. Uap Air Panas
Caranya sangat mudah, siapkan air panas pada wadah seperti mangkuk atau sebagainya. Setelah itu posisikan wajah anda tepat diatas wadah supaya terkena uap air panas. Uapi wajah anda selama 2-3 menit sembari dilakukan pemijatan pada area komedo. Anda dapat membersihkan komedo yang sudah keluar dengan handuk dan air bersih.
6. Pasta Gigi
Caranya dengan mengusapkan pasta gigi ke area komedo, dan lakuka pemijatan secara perlahan lalu biarkan selama 5-7 menit, jika sudah kering bilaslah wajah anada sampai bersih, anda juga bisa menggunakan garam pada pada pasta gigi agar lebih efektif.
Nah, itu lah cara menghilangkan komedo secara alami yang harus anda coba.