lionel-messi-sergio-ramos-barcelona-real-madrid-liga-bbva_sw14os2363ue1n2qlw0ygu177

Nusantarapost.com- Menyusul kekalahan Atletico Madrid, persaingan juara La Liga Spanyol memanas sampai pekan terakhir dengan dua kontestan tradisional: Barcelona dan Real Madrid.  Lama meramaikan persaingan, Atletico Madrid secara dramatis terlempar dari trek juara Primera Division Spanyol akibat kekalahan mengejutkan dari Levante pada laga genting Ahad (8/5) kemarin.

Finalis Liga Champions itu harus rela melihat duo tradisional Barcelona dan Real Madrid memanaskan rivalitas pada pekan terakhir. Bersamaan dengan tumbangnya Los Colchoneros di Ciutat de Valencia, El Barca melipat Espanyol 5-0 dalam El Derbi Barceloni di Camp Nou sementara Real Madrid mengatasi perlawanan Valencia 3-2 di Santiago Bernabeu.

Dua klub musuh abadi tersebut hanya dibedakan sebiji angka memasuki jornada terakhir pekan depan, dengan Barca masih di posisi teratas dan memegang takdir di tangan sendiri. Madrid merenggut posisi kedua dari genggaman Atleti, yang tertinggal tiga poin dari Barca namun sudah mustahil menggapai puncak lantaran kalah rekor head-to-head melawan pasukan Luis Enrique.

Pada laga penentuan nanti yang dimainkan serentak, Barca dan Madrid “hanya” meladeni tim papan bawah yang tak lagi punya kepentingan. Granada, lawan El Barca, telah memperoleh garansi bertahan di kasta teratas setelah di luar dugaan menghantam tuan rumah Sevilla 4-1 akhir pekan kemarin. Deportivo La Coruna yang akan menjamu Madrid juga sudah aman dari ancaman degradasi berkat keunggulan dua gol tanpa balas di markas Villareal.

Meskipun demikian, sebagaimana telah dialami Atleti yang ditekuk juru kunci Levante, apa pun bisa terjadi. dengan hasil tersebut dapat di pastikan bahwa perebutan gelar La Liga musim ini harus di tentukan melalui Giornada terakhir dimana kedua lawan Madrid dan Barcelona saling menentukan tetapi Atletico yang sudah tidak bisa mengais harapan lagi di La Liga nanmpaknya mempunyai tugas yang juga cukup berat yaitu di partai final nanti melawan tetangganya Real Madrid. sama dengan Real Madrid sebenarnya punya tugas yang sama juga yang setidaknya tidak melalui ketegangan partai final adalah barcelona dan banyak pengamat yang mengatakan bahwa Barcelona akan mengangkat trophi La Liga musim ini