jantung

Nusantarapost.com – Setiap organ tubuh manusia membutuhkan nutrisi supaya dapat bekerja dengan optimal, hanya saja nutrisi yang dibutuhkan setiap organ tidak selalu sama. Salah satu organ yang berperan penting dalam tubuh adalah jantung, jantung yang selalu berdetak untuk menjalankan tugasnya harus diperhatikan kesehatannya termasuk nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung. Dengan tercukupinya nutrisi pada jantung maka dapat mencegah dan terhindar dari penyakit jantung maupun gagal jantung. Kira-kira nutrisi yang dibutuhkan jantung apa saja? dan berasal dari makanan apa? untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini, mengenai makanan yang dapat memberikan nutrisi pada jantung:
1. Jeruk
Jeruk memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Buah yang tinggi akan vitamin c yang dapat membantu seorang terhindar dari penyakit jantung. Selain vitamin c jeruk juga mengandung flavoid sehingg jantung terjaga kesehatannya.
2. Kentang
Tau kah anda jika kentang tinggi akan kalium dan serat. Dimana kalium membantu menurunkan tekanan darah dengan begitu dapat mengurangi resiko penyakit jantung.
3. Alpukat
Alpukat kaya akan antioksidan dan mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.
4. Kedelai
Apapun olahan yang terbuat dari kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai adalah cara yang baik untuk menambah protein tanpa lemak yang mana kedelai mengandung serat dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, hal ini akan membuat anda terhindar dari kolestrol. terhindarnya seseorang dari kolestrol membuat jantungnya sehat.
5. Coklat
Makanan yang satu ini sudah familiar dimasyarakat yaitu coklat, banyak sekali olahan makanan yang mengandung coklat. Cokelat mengandung flavonoid yang disebut polifenol yang dapat membantu mengatur tekanan darah, pembekuan, dan peradangan. Mengkonsumsi coklat secara rutin dapat mencegah serangan jantung dan stroke.