defoe1

Nusantarapost.com-  Sunderland berhasil keluar dari zona degradasi usai mengalahkan Chelsea dengan skor 3-2 di lanjutan Premier League pekan 37, Sabtu (7/5/2016) malam WIB. Berkat kemenangan ini, The Black Cats –julukan Sunderland – duduk di posisi 17 dengan raihan 35 poin.

Saat ini, klub asuhan Sam Allardyce unggul satu angka dari Newcastle United yang menduduki posisi 18, atau batas akhir tim yang akan terdegradasi di Divisi Championship. Sunderland lebih berpeluang bertahan di Premier League, karena masih memiliki dua pertandingan, sementara Newcastle tinggal menyisakan satu laga.
Jalannya Pertandingan

Babak Pertama
Sunderland menjamu Chelsea di lanjutan Premier League pekan 37, Sabtu (7/5/2016) malam WIB. Kemenangan menjadi target kedua tim. The Black Cats –julukan Sunderland– menghindari zona degradasi, sementara Chelsea ingin mendekatkan jarak dengan penghuni posisi delapan, Liverpool.

Di laga kali ini, Sunderland turun dengan skuad terbaik termasuk sang bomber, Jermaine Defoe. Begitupun dengan Chelsea yang memainkan seluruh personel terbaiknya untuk mendulang tiga poin. Setelah laga berjalan 10 menit, The Blues –julukan Chelsea– akhirnya mampu mencetak peluang. Eden Hazard menyodorkan bola kepada Willian Borges yang tak terkawal. Namun, tembakan pemain berpaspor Brasil itu masih dapat diselamatkan kiper Sunderland, Vito Mannone.

Berselang empat menit, Chelsea membuka skor atas Sunderland lewat Diego Costa. Gol bermula dari akselerasi Gary Cahill yang ingin melepaskan umpan silang. Namun, bola tersebut justru membentur pemain Sunderland dan si kulit bulat langsung mengarah ke Costa. Dalam posisi tak terkawal, Costa melepas tembakan placing yang tak dapat ditahan Mannone. Skor 1-0 untuk Chelsea.

Setelah beberapa kali menyerang, Sunderland berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang disarangkan Wahbi Khazri pada menit 41. Gol bermula dari kemelut tendangan bebas yang dilepaskan Patrick van Aanholt, bola liar berhasil disambut Khazri dengan sepakan first time untuk membobol gawang Courtois. Skor sementara 1-1.
Namun, Chelsea kembali unggul atas Sunderland pada akhir babak pertama lewat Nemanja Matic. Gol bermula setelah Cesar Azpilicueta menyundul bola ke pertahanan Sunderland, Matic yang memiliki kecepatan tinggi berhasil unggul dari pemain belakang lawan dan langsung melepas tembakan kaki kiri terukur. Skor 2-1 untuk Chelsea hingga babak pertama usai.

Babak Kedua
Jika kalah dari Chelsea, Sunderland berpotensi terdegradasi dari Premier League 2015-2016. Tak ingin kejadian tersebut terjadi, manajer Sam Allardyce memasukkan John O’Shea yang berpengalaman tampil di level atas sewaktu membela Manchester United.
Masuknya pemain asal Irlandia tersebut ternyata mengubah peruntungan Si Kucing Hitam. Terbukti 12 menit setelah O’Shea masuk, Sunderland berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol yang dilesakkan Fabio Borini. Gol bermula dari umpan silang Van Aanholt, Borini dengan tenang melepas sepakan keras dari luar kotak penalti.

Skor 2-2 membuat Sunderland semakin bersemangat untuk mencetak gol. Pada menit 70, Sunderland bahkan mampu membalikkan skor lewat Defoe. Mantan bomber Tottenham itu sukses melepas sepakan first time untuk membuat Sunderland unggul 3-2 sementara atas The Blues. Saking frustrasinya, John Terry justru menerima kartu merah pada pengujung laga. Skor akhir pun 3-2 untuk keunggulan Sunderland.

Susunan Pemain:
SUNDERLAND: Mannone, Yedlin, PVA , Kaboul, Kone (O’Shea 55’), Kirchhoff (Watmore 64’), Cattermole (Larsson 71’), M’Vila, Borini, Khazri, Defoe.
CHELSEA: Courtois; Ivanovic (Baba Rahman 68’), Cahill, Terry (c), Azpilicueta; Mikel (Traore 83’), Matic; Willian (Oscar 80’), Fabregas, Hazard; Diego Costa