Valentino-Rossi-di-MotoGP-2016

Nusantarapost.com-  Valentino Rossi menatap seri kelima Motogp 2016 di Sirkuit Le Mans, Prancis, dengan rasa percaya diri. Namun dia juga khawatir dengan cuaca di daerah tersebut yang kerap berubah-ubah.

Kepercayaan diri Rossi menghadapi GP Prancis 2016 tak terlepas dari kemenangannya di balapan sebelumnya. Rossi menjadi yang tercepat di GP Jerez, Spanyol, mengalahkan dua pembalap tuan rumah, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Kini Rossi pun membidik hasil maksimal di Le Mans. Hal itu demi mengejar ketertinggalan poin dengan para rivalnya di klasemen. Saat ini Rossi menduduki posisi ketiga klasemen pembalap dengan koleksi 58 poin, terpaut 24 poin dari Marquez di puncak klasemen dan tujuh poin dari Lorenzo di tempat kedua.

“Le Mans adalah lintasan di mana YZR-M1 biasanya berjalan dengan baik. Hal negatif soal Le Mans adalah cuacanya, selalu tidak bisa dipastikan. Bisa saja hujan, kadang dingin dan karena faktor-faktor tersebutlah Anda harus berhati-hati,” kata Rossi seperti dikutip dariVisordown.com, Kamis (5/5/2016).

“Tahun lalu saya menjalani balapan yang bagus tapi saya tidak bisa mengalahkan Jorge [Lorenzo], saya akan mencoba lagi tahun ini,” imbuhnya.

Rossi sendiri pernah juara tiga kali di Le Mans pada kelas primer yakni pada 2002, 2005, dan 2008. Dia jadi menjadi runner up di tahun 2003, 2010, 2012, 2014 dan 2015, serta finis ketiga pada 2000, 2001, 2011.

“Pertama, kami akan memulai akhir pekan seperti kami melakukannya di Jerez. Di sana kami menemukan setelan yang bagus sejak Jumat dan itu membuat kami lebih kompetitif di balapan. Kami akan melakukan yang terbaik di Le Mans,” tutur pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

Musim ini menjadi musim yang akan sangat panjang bagi The Doctor pasalnya saat ini Rossi masih harus bersaing dengan pebalap pebalap muda dan berpotensi seperti Marc Marquez atau pun Maverick Vinnales yang 10 tahun lebih muda dari Valentino Rossi, bukan hanya itu saja Marc saat ini jug berhasil memimpin klasmen sementara dengan di ikuti oleh Jorge Lorenzo di posisi ke dua dan Valentino Rossi yang saat ini masih bertengger di posisi ke tiga