_89167120_origi_pa

Nusantarapost.com- Asa Liverpool untuk meraih Europa League masih belum sirna. Anak-anak Merseyside ini akan mencoba mengejar ketertinggalan serta membalikkan keadaan kontra Villarreal di leg kedua Europa League yang akan digelar di markas mereka pada hari Jumat (6/5) dini hari nanti.

Pada leg pertama yang digelar di El Madrigal, The Reds harus pulang dengan kekecewaan setelah gawang Simon Mignolet dibobol olehAdrian pada Injury time. Oleh karenanya anak asuh Jurgen Klopp harus mengejar defisit satu gol untuk setidaknya dapat menjaga harapan hidup mereka di leg kedua nanti. Untuk itu mereka akan tampil mati-matian demi mengamankan satu-satunya trofi yang bisa mereka raih di akhir musim ini.

Liverpool sendiri punya rekor kandang yang cukup bagus musim ini, di mana mereka hanya kalah satu kali dari 13 laga kandang terakhir mereka di semua kompetisi. Anak asuh Jurgen Klopp tersebut juga belum terkalahkan di laga kandang Europa League, di mana dari 6 laga kandang Europa League musim ini, The Reds berhasil mengantongi empat kemenangan dan dua hasil seri.

Anfield juga punya tuah yang cukup bagus di ajang Eropa, di mana masih segar di ingatan kita bagaimana Roberto Firmino dkk melakoni laga comeback yang luar biasa pada babak perempat final Europa League yang lalu kontra Borussia Dortmund. Tertinggal 3-1 terlebih dahulu namun berkat spirit serta dukungan The Kopites, Liverpool berhasil membalikkan keadaan menjadi 4-3 di akhir pertandingan.

Jelang pertandingan penting ini, ada kondisi yang bertolak belakang di antara kedua tim. Jelang laga ini mental Liverpool tengah berada dalam kondisi yang buruk pasca mereka dibekuk Swansea City dengan skor 3-1. Di sisi lain, Villarreal berhasil meraih kemenangan penting saat bertandang ke markas Valencia dengan skor 2-0, sehingga mereka datang ke Inggris dengan penuh kepercayaan diri.

Menjamu Villarreal di Anfield, Jurgen Klopp masih punya beberapa masalah yang cukup pelik dengan cedera. Tercatat ada delapan pemain Liverpool yang tidak bisa dimainkan dalam laga ini, diantaranya DivockOrigi, Jordan Henderson, Danny Ings, dan Joe Gomez yang masih mengalami cedera. Mamadou Sakho juga tidak bisa tampil karena hukuman dari UEFA terkait kasus Doping. Namun kabar baiknya, Emre Can yang sebelumnya dikabarkan cedera sudah kembali berlatih kendati belum bisa dipastikan apakah ia bisa diturunkan pada laga kontra Villarreal ini.

Mengingat Skema 4-3-3 dengan strategi False Nine kurang efektif diterapkan pada leg pertama, Jurgen Klopp kemungkinan akan mengganti strateginya pada laga ini. Menggunakan formasi 4-4-1-1 Klopp akan memainkan Roberto Firmino sebagai playmaker di belakang Daniel Sturridge yang berperan sebagai striker tunggal. Di sisi sayap adaPhilippe Coutinho dan Adam Lallana yang siap membombardir pertahanan Villarreal, sedangkan James Milner dan Lucas Leiva akan kembali menjadi pengatur tempo serangan The Reds.

Di kubu tim tamu, pelatih Marcelino Garcia Toral juga memiliki masalah cedera yang sama peliknya dengan Liverpool. Pada pertandingan leg pertama minggu lalu, ia harus kehilangan Jonathan dos Santos, Jaume Costa, Eric Bailly dan Tomas Pina karena masalah cedera setelah sebelumnya Leo Baptistao terlebih dahulu masuk ruang perawatan The Yellow Submarine.

Dengan cederanya sejumlah pilar utama, Pelatih Marcelino Toral kemungkinan akan melakukan sejumlah pergantian pada tim yang ia bawa ke Inggris pada tengah pekan nanti. Untuk posisi Eric Baily di lini belakang Villarreal kemungkinan akan digantikan oleh Daniele Bonerayang tampil apik saat melawan Valencia tengah pekan lalu. Sedangkan posisi Jonathan Dos Santos dan Tomas Pina di lini tengah The Yellow Submarine kemungkinan akan digantikan oleh Samuel dan Rodrigo. Untuk juru gedor mereka sendiri, duet Roberto Soldado dan Cedric Bakambu masih menjadi andalan Marcelino Toral untuk mencetak gol ke gawang Liverpool.

Liverpool (4-4-1-1): Mignolet; Moreno, Toure, Lovren, Clyne; Coutinho, Milner, Leiva, Lallana; Firmino; Sturridge

Villarreal (4-4-2): Asenjo; Marin, Ruiz, Bonera, Mario; Suarez, Bruno, Rodrigo, Castillejo; Bakambu, Soldado